Di Resmikannya KBN Di Desa Sarang Tiung, Bupati Kotabaru; Potensi Nasional Dibidang Maritim

Daerah55 views

Kotabaru,KabarOne.com- Bupati Kotabaru H Sayed Jafar hadiri peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut Kotabaru di Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru, Senin 15/5/2023.

Kehadiran Bupati juga dalam rangka berdialog langsung dengan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin melalui virtual zoom pada peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN).

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setiawan beserta jajarannya atas berbagai program yang diselenggarakan khususnya yang menitik beratkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim di kabupaten Kotabaru, salah satunya hari ini kita melaksanakan peresmian Kampung Bahari Nusantara.

“Kami sangat mengapresiasi penetapan Desa Sarang Tiung menjadi Kampung Bahari Nusantara oleh TNI- AL karena dapat sejalan dengan harapan pengembangan Kabupaten Kotabaru kedepan yang dimulai dari Desa sehingga diharapkan Desa Sarang Tiung dapat semakin maju dan berkembang serta memicu pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh,” ucap Sayed Jafar.

Disamping itu, KBN juga dapat menjadi pemicu untuk membangun kesadaran masyarakat dalam memperdayakan potensi maritim guna mendorong kemajuan Kabupaten Kotabaru khususnya di wilayah pesisir.

Pemerintah Daerah siap mendukung penuh setiap kegiatan yang muaranya untuk mensejahterakan masyarakat, termasuk yang dilaksanakan oleh jajaran TNI- AL, dalam hal ini lanal Kotabaru melalui program KBN.

Dengan diresmikannya Desa Sarang Tiung sebagai KBN harapannya dapat memberikan kemajuan dan meningkatkan perekonomian masyarakat serta dapat mendukung program Pemerintah dalam percepatan pemerataan pembangunan.

Kepada masyarakat Bupati juga berpesan untuk dapat terus menjaga serta mengembangkan berbagai program yang ada dalam KBN sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Semoga dengan diresmikannya Desa Sarang Tiung sebagai KBN, Desa Sarang Tiung dapat lebih maju, perekonomian masyarakatnya meningkat, begitu juga dengan pariwisata, kesehatan, pendidikan dan pertahanan pun juga meningkat,” jelas Bupati Kotabaru.

Sementara Komandan Pangkalan Angkatan Laut Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setyawan menjelaskan kepada Wapres RI tentang keadaan wilayah Kotabaru yang berada di Kecamatan Pulau Laut Sigam.

Dengan luas wilayah 13.500 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 3.457 jiwa dan mayoritas pencarian warga adalah pedagang dan nelayan.

“Dari lima program klaster KBN semuanya di dukung Pemerintah Daerah dan kami mendukung wisata Mamake paralayang, wisata pantai dengan mendukung kelompok sahabat laut dalam mensosialisasikannya,” tutur Danlanal.

Program selanjutnya yaitu pengobatan dari TNI-Polri sebagai bentuk sinergitas di daerah dan pembagian sembako kepada warga pesisir.

Menanggapi hal tersebut, Wapres RI Ma’aruf Amin menanyakan keadaan nelayan Kotabaru apakah ada kendala yang dihadapi selama beraktivitas, dan langsung dijawab Danlanal bahwa tidak ada kendala yang dihadapi para nelayan.

“Gagasan Kampung Bahari Nusantara yang dimotori oleh TNI- AL sangat vital dan program ini sejalan dan sinergi dengan Pemerintahan untuk menyelesaikan berbagai masalah kemiskinan di Desa pesisir,” jelas Ma’ruf Amin.

Sebelumnya peresmian KBN dilakukan serentak secara virtual dengan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, KSAL Laksmana TNI Muhammad Ali, dengan tema “Kampung Bahari Nusantara TNI- AL siap meningkatkan produktifitas untuk transformasi ekonomi yang Inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat maritim yang sejahtera’.

“Sebagai negara kepulauan terbesar didunia, Indonesia memiliki sumber daya alam maritim yang sangat berlimpah yang menjadi salah satu modal untuk mewujudkan misi Indonesia Emas tahun 2045.

TNI AL sebagai perangkat negara memiliki peran yang sangat vital dalam mewujudkan strategi tersebut,” ungkap KSAL Muhammad Ali

Acara peresmian KBN yang dipusatkan di Desa Sarang Tiung ditandai dengan penandatanganan Prasasti, Peresmian Rumah Pintar ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Edy Setyawan bersama Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Al Idrus, SH disaksikan Ketua DPRD Kotabaru beserta Forkopimda.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *