Ketua DPRD Kotabaru Kritisi Kurangnya Partisipasi Perusahaan Di Saijaan Expo 2023

Daerah44 views

KOTABARU,kabarOne.com- Kurangnya Partisipasi para pelaku dunia usaha atau perusahaan dalam rangkaian memeriahkan hari jadi Kotabaru ke-73 melalui Saijaan Expo 2023 mendapatkan Kritisi dari Ketua DPRD Kotabaru Syairi Muhklis, Senin 22/5/2023.

Dilaksanakannya Saijaan Expo 2023 di Kabupaten Kotabaru dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Kotabaru ke- 73, tentunya Expo ini luar biasa yang di adakan oleh Pemkab Kotabaru cukup meriah, ujar Ketua DPRD Kotabaru Syairi Muhklis, S.sos.

Namun di dalam kemeriahan ini pasti kalau di liat masih terasa kurang, karena partisipasi dari pelaku dunia usaha sangat kecil, sementara pelaku usaha yang berinvestasi di Kabupaten Kotabaru cukup banyak.

Maksudnya dalam kegiatan Saijaan Expo kali ini para perusahaan seharusnya wajib ambil bagian dalam kegiatan Saijaan Expo kali ini dalam rangka tranparansi program kerja mereka di wilayah kita, karena mereka mengambil hasil dari bumi yang kemudian pasti akan mendapatkan profit yang besar dan tentu dari profit itu ada hak dan kawajiban yang harus mereka keluarkan, ucapnya.

Pada momen Saijaan Expo inilah maunya mereka bisa menjelaskan apa saja program dari hasil CD/CSR yang diberikan kepada wilayah- wilayah yang menjadi tanggung jawab mereka baik ring 1 dan 2 maupun ring 3.

Program-program mereka bisa ditayangkan pada saat Expo melalui slide tayangan di televisi atau pada saat masyarakat datang dan mampir di stand dan bisa menjelaskan sejelas- jelasnya bahwa programnya ada beberapa sektor yang dilakukan terkait CD/CSR tersebut.

Misalnya seperti sektor perikanan, perindustrian, kesehatan, keagamaan dan sosial yang tentunya ini bisa di jelaskan kepada masyarakat biar masyarakat mengetahui, harapannya.

Tapi saya sangat menyayangkan ketika di Saijaan Expo ini digelar perusahaan tidak ambil bagian dan ini tentunya kami dari DPRD mengkritisi kepada panitia khusus EO juga agar melibatkan para pelaku usaha di Kabupaten Kotabaru.

Tentunya pada Saijaan Expo ini diharapkan panitia mengikuti standarisasi terkait dengan apa saja yang harus di tampilkan di Expo, artinya ada patokan standarnya untuk mereka tampilkan pada saat pameran Expo di Siring Laut ini, dan antusias masyarakat melihat tidak hanya seperti kegiatan-kegiatan rutinitas yang di lakukan setiap tahunnya.

Jadi standarisasi itu misalnya seperti produk- produk andalan yang mungkin bisa di munculkan pada saat Expo, seperti dari Kecamatan, baik itu dari SKPD kemudian juga sampai kepada pelaku dunia usaha, pintanya.

Sekali lagi dengan adanya Expo ini saya mengharapkan turut serta para pelaku dunia usaha khususnya perusahaan yang ada di Kabupaten Kotabaru yang jumlahnya mungkin hampir ratusan.

Perusahaan bisa menyampaikan program dan visi-misi pada saat berinvestasi di Kabupaten Kotabaru melalui Expo ini, dan saya berharap panitia bisa mengakomodir terkait ini karena masih panjang waktunya dan masih sempat untuk menyampaikan baik itu melalui surat maupun apapun bentuknya sehingga mereka bisa menjadi peserta Expo 2023 ini, tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *