Daerah

Ribuan Pohon Ditanam Dan Ratusan Burung Dilepasliarkan Diarea Reklamasi PT Arutmin Indonesia

KOTABARU,kabarOne.com- PT Arutmin Indonesia Senakin Mine peringati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 di tandai dengan rangkaian kegiatan upacara, penanaman ribuan pohon dan pelepasliaran ratusan burung di area reklamasi OPD Pit 15 Desa Mangga Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru, Rabu 7/6/2023.

Ribuan pohon yang di tanam diantaranya pohon ulin, kayu lokal dan endemik, kayu putih, kemiri, nangka dan cempedak, dan penanaman dilakukan dengan sistem sisipan diarea reklamasi tahun tanam 2020. Dengan tujuan tanaman ini diharapkan area reklamasi ini bisa memberi nilai tambah bagi ekonomi masyarakat.

Di lanjutkan dengan pelepasliaran ratusan burung meliputi burung perkutut, dara kuku, lincang dan pleci yang juga di lakukan di area reklamasi. Kegiatan ini dimaksudkan agar keanekaragaman hayati yang ada di area reklamasi dan area-area lainnya di sekitar tambang Senakin bisa berkembang dengan baik.

Senakin Mine & NPLCT Manager Ahmad Juaeni mengatakan, pada hari ini kita berkumpul dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya, dan ini merupakan peringatan 51 tahun konfrensi Stockholm di Swedia pada tahun 1972 yang merupakan sejarah lahirnya peringatan hari lingkungan hidup sedunia.

Juaeni mengatakan, program lingkungan PBB (UNEP) telah mengumumkan pantai gading sebagai tuan rumah hari lingkungan hidup sedunia tahun 2023 dengan tema dunia yaitu “Solusi Untuk Polusi Plastik” (Solution to Plastik Pollution) dengan kampanye #beatplasticpollution.

PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin sudah menjalankan upaya- upaya pengurangan sampah plastik melalui program-program seperti penyajian makan secara prasmanan, pembagian tote bag dan botol minum tumbler isi ulang untuk karyawan, jelasnya.

Selain itu penggunaan polycup dengan media tanam cocopeat untuk pengganti plastik polybag pada pembibitan tanaman serta inovasi terbaru kerjasama dengan mitra kerja dengan memanfaatkan cangkang filter oli bekas menampung getah karet menggantikan bekas botol minum dan kemasan oli berbahan plastik yang sudah di aplikasikan dikebun karet Desa Tanah Rata.

Saya mengajak kepada semua pihak mari kita kendalikan sampah plastik mulai dari diri kita sendiri, keluarga maupun lingkungan kerja dengan menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) seperti menggunakan kembali botol dan kantong plastik, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan mendaur ulang plastik, tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

12 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

13 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago