Ekonomi

UMKLAMART, Menuju Kemandirian Ekonomi Kampus Berbasis Marketplace

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Kampus sebagai institusi perguruan tinggi perlu mengembangkan iklim kewirausahaan bagi sivitas akademikanya agar terwujud kemandirian ekonomi.

“Di mana kewirausahaan tidak hanya didiskusikan sebagai wacana di ruang kuliah, namun harus benar-benar diimplementasikan agar civitas akademika terasah tidak hanya dari aspek kognitif saja tapi juga dari sisi psikomotoriknya,” kata Suryo Pratolo dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (12/6/2023).

Kali ini, Suryo Pratolo dan Tim Dosen Akuntansi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berkolaborasi dengan dosen dari Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) melaksanakan pengabdian masyarakat dalam mengembangkan iklim kewirausahaan kampus.

Setelah melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Klaten, Jawa Tengah, dirumuskan strategi mewujudkan kemandirian ekonomi kampus berbasis web dengan nama UMKLAMART, di mana melalui web ini akan terbentuk marketplace untuk kegiatan ekonomi jual-beli produk-produk yang dihasilkan oleh dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Klaten.

Pada tahap selanjutnya juga akan dikembangkan agar marketplace dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas dengan menggandeng pimpinan persyarikatan Muhammadiyah di tingkat Ranting, Cabang maupun Daerah di wilayah Klaten.

Dijelaskan Suryo Pratolo, pengembangan marketplace UMKLAMART ini juga disinergikan dengan pendidikan kewirausahaan di kampus UMKLA. “Sehingga mahasiswa akan melaksanakan praktik bisnis secara nyata melakukan proses jual-beli layaknya proses jual-beli online pada platform e-commerce pada umumnya,” ungkap Suryo Pratolo.

Diharapkan, mahasiswa akan semakin memahami bagaimana berbisnis secara online harus dilakukan. (Fan)

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

12 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

13 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

3 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

3 days ago