IP dan IZI Jateng Bantu Berdayakan Difabel Lewat Bantuan Usaha

Daerah84 views

KABARONE.COM,SEMARANG-PT. PLN Indonesia Power (IP) Semarang PGU bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng melaksanakan kegiatan program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.

Kegiatan tersebut berupa bantuan untuk kelompok difabel mandiri Kota Semarang tahun 2023, dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Officer Community Development PT PLN Indonesia Power Semarang PGU, Dadan Budiansyah mengatakan ada lima penerima manfaat yang diberikan pada hari ini. “Ini memasuki tahun ke 3 dari program pemeberdayaan masyarakat. Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap tahun,” terang Dadan, Selasa (13/6/2023).

“Kami berharap kegiatan ini bisa mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing penerima manfaat, dan memberikan peningkatan kesejahteran untuk mereka,” ungkap Dadan.

Kelima penerima manfaat tersebut antara lain, Diah Susanti produksi souvernir dari kain planel di Kampung Sleko RT03 RW.11 Bandarharjo Tanjungmas Kecamatan Semarang Utara, Ibrahim Budidaya Jamur Kelurahan Plombokan Kecamatan Semarang Utara, Linda Produksi aneka roti kering (Rumah Produksi) Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Rini (penjahit) Tambak Rejo Tanjungmas, dan Anton kerajinan dari limbah plastik di Bandarharjo, Semarang Utara.

“Mereka mempunyai potensi masing-masing, mereka kita beri pelatihan, kita asah dan kita beri modal, dan kita bantu pemasaran agar usaha mereka dari hulu ke hilir bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

“Setiap tahun kita mempunyai tolak ukur masing-masing mulai dari perintisan, peningkatan kapasitas, kemandirian dan seterusnya,” imbuhnya.

Sementara itu di tempat Penjahit Rini, selain memberikan Peralatan yaitu IP juga telah memberikan bantuan mesin jahit dan perlengkapan jahit tahun sebelumnya dan untuk tahun ini yang diberikan adalah etalase, gantungan baju, lampu sorot LED dan almari mini tempat peralatan jahit.

Rini (25) yang dikenal dengan Penjahit Rini, warga Tambakrejo Tanjungmas mengucapkan syukur dan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari IP dan IZI Jateng yang sudah tiga tahun ini menyambangi usaha menjahitnya.

“Alhamdulillah setelah dapat bantuan dari Indonesia Power, saya tambah bersemangat, dan usaha menjahit saya tambah lancar,” ucap Rini.

Ia mengaku pakaian hasil jahitannya juga dijual di pameran-pameran hingga di pabrik. Dari usahanya ini, ia bisa mengantongi omset minimal 2 juta per bulannya.

amr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *