Pemkab Kotabaru Terima Benih Padi Inbrida Sawah Seluas 500 Ha Dari Pemprov Kalsel

Daerah63 views

KOTABARU,kabarOne.com- Kabupaten Kotabaru menjadi tuan rumah di acara Rapat Koordinasi Sekabupaten/Kota yang di gelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan yang berlangsung di Oproom Setda Kotabaru, Jum’at 21/07/2023.

Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad mewakili Bupati Kotabaru dalam membuka Kegiatan mengucapkan selamat datang dan selamat menghadiri Rapat Koordinasi ini untuk saling bertukar informasi dalam mengembangkan sektor pertanian.

Sekda mengatakan, kegiatan rakor ini merupakan sarana koordinasi, evaluasi, dan konsultasi bersama pemangku kepentingan yang berkaitan dengan pertanian dan ketahanan pangan untuk bisa memberikan pemikiran, bertukar pengalaman.

Selain itu sebagai masukan dalam mengembangkan sektor pertanian dan menguatkan ketahanan pangan nasional khsusnya di Kalimantan Selatan, “karena mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi Pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama,” ujar Sekda.

Ia juga mengungkapakn, kegiatan ini sejalan sesuai dengan arahan Bapak Presiden untuk membuat rakyat cukup pangan, menurunkan inflasi, kemiskinan dan stunting serta meningkatkan kesejahteraan petani.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Syamsir Rahman mengungkapkan, Kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana keadaan Ketahanan Pangan kita dan di daerah kita masing-masing untuk terus berinovasi dan berkoordinasi yang kuat.

Sedangkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru, Saperiani menjelaskan, Pemerintah Daerah Kotabaru sangat mendukung penuh dengan kegiatan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sesuai wujud visi misi Bupati Kotabaru.

“Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mendapat support yang luar biasa dari Bupati Kotabaru, hal ini dapat terlihat dari wujud visi misi Kabupaten Kotabaru yaitu, terwujudnya masyarakat Kotabaru yang semakin mandiri dan semakin sejahtera melalui peningkatan dibidang agrobisnis dan kepariwisataan, ” Jelas Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru.

Rapat Koordinasi ini juga diisi dengan penyerahan Bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru yaitu, Bantuan Unit Pengolahan Hasil (UPH) jagung 1 Unit, Bantuan kegiatan fasilitas Alsin Pasca Panen 4 Unit Corn Sheller, Bantuan Benih Jagung Hibrida seluas 1.200 Ha, Bantuan APBD Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk Budidaya Padi Inbrida 50 Ha, dan Benih Padi Inbrida Sawah seluas 500 Ha.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kotabaru juga memberikan Cenderamata kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan atas terselenggaranya Rapat Koordinasi Guna bisa saling berkoodrdinasi dalam mengembangkan Sektor Pertanian di Daerah masing-masing.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *