KKN Mahasiswa ULM, Budikdamber Di Edukasikan Ke Warga; Arutmin NPLCT Dukung

Daerah57 views

KOTABARU,kabarOne.com- PT Arutmin Indonesia NPLCT gandeng mahasiswa KKN ULM dari Fakultas Perikanan dan Kelautan untuk melaksanakan sosialisasi budidaya ikan dalam ember (Budikdamber) Di Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru, Kamis 27/7/2023.

Budikdamber merupakan singkatan dari budidaya ikan dalam ember, teknik yang menggabungkan sistem budidaya tanaman sayuran dan budidaya ikan dalam satu tempat sebagai upaya untuk menunjang ketahanan pangan.

Kegiatan sosialisasi Mahasiswa KKN melaksanakan program monodisiplin mengenai budikdamber kepada warga Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam di dukung oleh PT Arutmin Indonesia NPLCT.

Sultan Ketua Kelompok KKN menjelaskan materi terkait tata cara budidaya ikan dalam ember (budikdamber) yang mana tutup embernya di kasih lobang setelah itu di letakkan gelas plastik dan di isi dengan bibit tanaman sayuran.

“Artinya pelihara ikan sekaligus menanam sayuran, dan ini bisa menjadi solusi bagi orang yang mau pelihara ikan tapi tidak memiliki lahan,” ungkapnya.

Sultan berharap dengan metode ini warga teredukasi tentang budikdamber, karena teknologi ini sebagai salah satu inovasi untuk melakukan kegiatan budidaya ikan yang baik dan benar sekaligus pertanian dengan hanya membutuhkan lahan yang yang tidak harus luas.

Lanjut Sultan, warga bisa menerapkan metode ini, karena apabila rutin dilakukan maka dapat menjadi penghasilan tambahan saat waktu selain nelayan bagang, namun warga juga harus rutin memperhatikan ketinggian air agar tidak terlalu rendah atau terlalu berlebihan” pungkasnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *