Uncen – UNNES Perkuat Sinergi Pendidikan dan Kolaborasi Riset

Uncen – UNNES Perkuat Sinergi Pendidikan dan Kolaborasi Riset

145
0
SHARE

SEMARANG,kabarone.com- Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua belum lama ini melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Semarang (UNNES), Sekaran Gunungpati Semarang.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengintensifkan kerjasama, memperkuat sinergi pendidikan dan mengidentifikasi peluang kolaborasi (kolaborasi riset) yang saling menguntungkan bagi kedua institusi.

Delegasi dari Uncen dipimpin oleh Rektor Uncen, Dr. Oscar Oswald O. Wambrauw, S.E., M.Sc.Agr. bersama dengan Dr. Meinarni Asnawi, S.E., M.Si.,CBV.,CMA.,CRP. (Ketua Tim BLU dan SPI), Kristian Hamadi, S.E., M.Hum. (Kepala BAUK), Dr. Tri Gunaedi, M.Si. (Kepala Laboratorium Mikrobiologi FMIPA), dan M. Said, S.E. (Kasubag Sistem Informasi.

Mereka diterima dengan hangat oleh Prof. Dr. Nur Qudus, M.T., IPM. (Wakil Rektor bidang Kerjasama, Bisnis, dan Hubungan Internasional UNNES), Dr. Amir Mahmud, S.Pd., M.Si. (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNNES), serta jajaran pimpinan universitas.

Kedua belah pihak mengadakan pertemuan konstruktif untuk membahas berbagai bidang kerjasama yang dapat diperkuat. Fokus utama kerjasama ini adalah melaksanakan dan meningkatkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kedua institusi dan masyarakat luas.

Rektor Uncen, Dr. Oscar Oswald O. Wambrauw, S.E., M.Sc.Agr., menyatakan keinginannya untuk memperkuat hubungan antara Uncen dan UNNES. “Saat ini, Uncen tengah bertransformasi dari PTN Satker menuju PTN BLU, sehingga besar harapan kami dapat belajar dari UNNES agar Uncen semakin berkembang,” ungkap Dr Oswald.

Kunjungan ini, imbuhnya, merupakan langkah penting dalam meningkatkan kerjasama antara kedua universitas. Kami berharap dapat mengidentifikasi bidang-bidang di mana kolaborasi riset dan pertukaran akademik dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Sementara iWakil Rektor bidang Kerjasama, Bisnis, dan Hubungan Internasional UNNES, Prof. Dr. Nur Qudus, M.T., IPM. menyampaikan komitmennya untuk memperkuat sinergi antara kedua institusi.

“Kami sangat antusias menyambut Uncen dalam upaya melaksanakan dan meningkatkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk memperkuat kolaborasi pendidikan dan riset. Kami yakin bahwa kolaborasi ini akan menghasilkan inovasi yang signifikan dan memberikan manfaat nyata bagi pengembangan akademik dan masyarakat,” kata Prof. Nur Qudus.

Dalam pertemuan tersebut, kedua universitas membahas berbagai bidang kerjasama yang potensial, termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian bersama, pengembangan kurikulum yang relevan, dan pelaksanaan program-program pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, mereka juga membahas peluang dalam pengembangan program aplikasi, penyelenggaraan seminar dan kegiatan ilmiah bersama guna memperkuat jejaring akademik.

Kunjungan ini menjadi langkah awal dalam memperkuat kerjasama yang lebih erat antara Uncen dan UNNES. Kedua institusi sepakat untuk terus berdiskusi dan mengembangkan inisiatif kolaboratif yang dapat meningkatkan mutu pendidikan, memperluas jangkauan riset, serta memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Dengan memperkuat sinergi pendidikan dan kolaborasi riset antara Uncen dan UNNES, diharapkan akan tercipta lingkungan akademik yang stimulatif dan inovatif, serta memberikan dampak positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan masyarakat.

Kerjasama ini juga merupakan bentuk nyata dari semangat kolaborasi antar universitas untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman.**

amr,hms

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY