5 Tahun Vakum, Pelajar Pelopor Kembali Dilaksanakan, 14 Pelajar Ikut Bersaing

Daerah58 views

KOTABARU,kabarOne.com- Lomba Karya Ilmiah dengan tema “Safety Transport For Indonesia’s Future (transportasi aman untuk masa depan Indonesia),” diikuti sebanyak 14 pelajar SMA/SMK dan sederajat dari Kabupaten Kotabaru ikut bersaing.

Pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas ini dilaksanakan di Ruang Rapat Gosong Bangau Dishub Kotabaru, Selasa 1/8/2023.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan meningkatkan keselamatan dan kesadaran pelajar dalam memenuhi peraturan lalu lintas.

Selain itu untuk memotivasi pelajar agar dalam kondisi apapun tetap mematuhi ketentuan dan peraturan perundang-undangan lalu lintas.

Serta bisa menjadi teladan ataupun pelopor bagi teman-teman, keluarga serta lingkungannya untuk selalu tertib dalam berlalu lintas serta diharapkan dapat menciptakan inovasi yang dapat membantu dalam mengoptimalkan tertib berlalu lintas dan keselamatan jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru Khairian Anshari menjelaskan, Kegiatan ini sudah vakum 5 tahun, dan kita laksanakan kembali yang diharapkan dapat meningkatkan indeks pembangunan pemuda dalam sadar disiplin berlalu lintas.

“Dengan komitmen kita ingin meningkatkan indeks pembangunan pemuda, Dinas Perhubungan ingin berkontribusi bagi peningkatan indeks pembangunan pemuda salah satunya ini, sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi masing-masing dan upaya kita untuk meningkatkan kesadaran dan memotivasi untuk sadar akan peraturan lalu lintas,” paparnya .

Pelajar yang terbaik dalam pemilihan pelopor pelajar keselamatan lalu lintas ini akan mewakili Kabupaten Kotabaru ke tingkat Provinsi, dan yang belum menjadi terbaik kita akan coba merangkul mereka dalam satu komunitas semacam pelajar tertib berlalu lintas, sehingga melalui merekalah bisa menjadi contoh dalam disiplin berlalu lintas.

Selain itu, Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru juga menghimbau kepada masyarakat khusus Kabupaten Kotabaru untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas dan selalu menggunakan helm demi kesalamatan dalam berlalu lintas.

“Khusus dalam Kota, rambu, marka dan traffic itu cukup untuk mengatur tertib berlalu lintas, bahkan bersama Polres ada kampung tertib lalu lintas yang di bangun dengan tujuan tidak lain mendorong, menggerakkan masyarakat untuk selalu senantiasa tertib berlalu lintas demi keselamatan bukan takut untuk ditilang, seperti halnya, kita menggunakan helm bukan takut ditilang polisi tapi demi keselamatan dalam melindungi diri kita ketika berkendaraan,” Harap Kadis Dishub Kotabaru.

Seleksi ini diikuti sebanyak 14 peserta yang telah lolos seleksi pada ujian tertulis, adapun juri terdiri dari Sekretaris Dinas Perhubungan Kotabaru Nurul Fitriah, S. PT, MM ,Kasi Wasdal Dwi Wariyanti, SE , Kasubbag Tata Usaha Muhammad Akbar, A. Md. LLAJ ,Staf Bidang Angkutan Siti Maimunah, MM ,AIPDA Junaidi Satlantas Polres Kotabaru.

Setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk pemaparan dan 10 menit untuk tanya jawab, sedangkan penilaian terdiri dari materi, kemampuan presentasi, tanya jawab dan karya tulis .

Para pelajar terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, dan bagi terbaik akan mewakili Kabupaten Kotabaru dalam Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 14 hingga 16 Agustus 2023 mendatang.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *