Daerah

Wisuda ke -116 UNNES, Prof Martono Menginspirasi Lulusan Siap Hadapi Dunia Nyata

SEMARANG,Kabarone.com – Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali mencatatkan prestasi gemilang dalam upaya mendidik dan membentuk generasi muda berkualitas.

Pada acara wisuda ke-116 di Gedung Auditorium kampus utama, Rabu (9/8/2023) UNNES berhasil meluluskan 1.212 mahasiswa dengan berbagai keragaman bakat dan potensi.

Rektor UNNES, Prof Martono menyampaikan pidato inspiratifnya.

“Kami dengan bangga melihat lulusan kami hadir di hadapan kami, siap menghadapi tantangan dunia nyata. UNNES tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga membekali mereka dengan nilai-nilai kemanusiaan, etika, dan kecakapan soft skill yang penting dalam dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat,” ungkap Prof. Martono.

Momen wisuda, imbuhnya, menjadi pembuktikan bahwa apa yang dicita-citakan dapat diwujudkan asal berusaha secara konsisten. Oleh karena itu, meskipun wisuda bukan akhir perjalanan akademik, momen ini layak disyukuri dan dirayakan dengan cara-cara yang positif.

Dalam suasana penuh haru, ribuan keluarga dan teman-teman wisudawan turut memberikan dukungan dan aplaus saat mahasiswa-mahasiswa yang telah menyelesaikan perjalanan pendidikan mereka memasuki fase baru kehidupan. Dari 1.212 lulusan tersebut, terdapat berbagai disiplin ilmu yang diwakili, mulai dari pendidikan, ilmu sosial, bahasa, seni, teknik, hingga ekonomi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Zaenuri Mastur melaporkan wisuda ke-116 UNNES terdiri dari jenjang diploma, sarjana, magister, dan doktoral.

“Wisuda kali ini, UNNES berhasil meluluskan 1.212 wisudawan yang terdiri dari 3 wisudawan program diploma, 1.036 sarjana, 157 magister, dan 16 doktor,” ungkap Guru Besar FMIPA itu.

Perwakilan wisudawan, Rifda Ananing Sekarjene, S.Pd. menyampaikan rasa bangganya bisa berkuliah dan menimba ilmu di UNNES.

“UNNES memberikan pengalaman belajar yang luar biasa dan juga peluang untuk berkembang dalam berbagai aspek. Saya merasa siap untuk menghadapi dunia kerja dengan segala tantangannya. Rekan-rekan wisudawan, bangku kuliah bukan hanya tempat kita datang lalu pulang, akan tetapi disinilah tempat kita benar-benar belajar untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Baik secara karakter, maupun secara keilmuan,” ujar lulusan program studi PGSD itu.

Keberhasilan UNNES dalam mencetak lulusan yang unggul tidak terlepas dari dukungan dosen-dosen berkualitas dan kurikulum yang berorientasi pada kebutuhan industri. Pengalaman praktik lapangan, penelitian, dan proyek-proyek industri telah memberikan mahasiswa gambaran nyata mengenai dunia profesional.

UNNES semakin teguh dalam komitmennya untuk terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa, menjunjung tinggi mutu pendidikan, serta melahirkan generasi penerus yang mampu bersaing di tingkat global.

penulis : amir f, humas unnes

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

11 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

11 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago