Diskusi Publik dan FGD Menggali Potensi Keunggulan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah

Ragam88 views

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Diskusi publik dan Focus Group Discussion (FGD) Forum dengan tema “Menggali Potensi Keunggulan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah” digelar Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu, 19 Agustus 2023 di Grand Rohan Syariah Yogyakarta, Jl. Raya Janti, Gedongkuning No. 336 Modalan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, pendidikan menjadi salah satu faktor kunci dalam menjamin masa depan yang cerah bagi generasi muda.

“Pendidikan yang berkualitas menjadi harapan semua orang, baik bagi siswa, orang tua maupun masyarakat luas,” kata Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DIY Achmad Muhamad, M.Ag, Jum’at (18/8/2023).

Dalam konteks ini, kata Achmad Muhamad, Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. “Juga berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan,” tandasnya.

Muhammadiyah — dengan warisan nilai-nilai Islam yang kuat — memiliki komitmen untuk menyediakan pendidikan yang unggul dan berkualitas bagi masyarakat.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut Muhammadiyah menyadari pentingnya pembentukan sekolah yang dapat menjadi pusat pendidikan unggul yang mencakup semua aspek kehidupan siswa, baik akademik maupun karakter.

Diskusi publik dan FGD pengembangan sekolah Muhammadiyah unggul ini diadakan sebagai wadah untuk mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan, termasuk para ahli, pendidik, tokoh masyarakat serta pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.

Tujuan FGD ini untuk mendiskusikan konsep dan strategi pembentukan sekolah Muhammadiyah unggul yang akan menjadi model pendidikan unggul yang berfokus pada akademik, karakter dan keislaman.

Dalam FGD ini peserta akan berbagi pengalaman, pengetahuan dan wawasan mereka dalam rangka mewujudkan sekolah unggul yang sesuai dengan visi dan misi Muhammadiyah.

Mereka juga akan berdiskusi tentang kurikulum yang relevan, metode pengajaran yang inovatif serta pengembangan karakter siswa yang kuat berdasarkan nilai-nilai Islam.

Melalui FGD ini, diharapkan akan terbentuk pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mendesain dan mengelola sekolah Muhammadiyah unggul yang efektif dan berdaya saing.

Hasil dari diskusi dan masukan yang diberikan oleh para peserta FGD ini akan menjadi landasan dalam merancang program pendidikan yang holistik dan berkesinambungan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan adanya FGD, pembentukan sekolah Muhammadiyah unggul diharapkan Muhammadiyah dapat terus berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang memiliki pengetahuan yang luas, karakter yang kuat serta semangat beragama yang tinggi.

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan bangsa dan Muhammadiyah berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik dalam dunia pendidikan.

Tujuan kegiatan ini secara umum adalah membahas dan menganalisis potensi unggul dalam pendidikan Muhammadiyah.

Adapun secara khusus tujuan yang diharapkan adalah menelaah secara kritis dan evaluatif sistem pendidikan yang telah dikembangkan oleh Muhammadiyah, memetakan tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Muhammadiyah dalam implementasi pendidikan selama ini, mengidentifikasi potensi keunggulan sekolah Muhammadiyah dan upaya pengembangannya serta memetakan berbagai masukan dan pendapat ahli tentang drafting peta jalan “Roadmap Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Unggul”.

Adapun sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Irwan Akib, M.Pd (Wakil Ketua PP Muhammadiyah), Didik Suhardi, Ph.D (Ketua Majelis Dikdasmen-PNF PP Muhammadiyah), Dr. Kiki Yuliati, M.Sc (Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI), Kepala SMA Muhammadiyah 3 Jakarta, Kepala SMK Negeri 2 Malang, MAN Insan Cendikia Serpong. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *