Mendunia, SMA Muga Yogyakarta

Ragam132 views

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta — yang sering kita kenal dengan sebutan SMA Muga — Fitri Sari Sukmawati, M.Pd, terpilih kembali melakukan kunjungan ke luar negeri yaitu Taiwan atas sponsor dari Asia University, Taichung, Taiwan.

Undangan ini dalam rangka untuk mempererat hubungan pendidikan dan sekaligus promosi pendidikan Taiwan.

Fitri Sari Sukmawati, M.Pd datang ke Taiwan atas undangan mereka bersama dengan 5 kepala sekolah lainnya. Dan ada 2 kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyah, yaitu Fitri Sari Sukmawati, M.Pd Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan Sunardi, S.Si Kepala SMA Trensains Muhammadiyah Sragen.

Perwakilan dari Indonesia yang diundang kali ini mewakili dari 2 sekolah Muhammadiyah, 1 sekolah negeri, 2 sekolah yayasan Katolik, dan 1 sekolah dari Yayasan Budha.

Selama 5 hari efektif sangat padat sekali jadwal kunjungan tersebut, yang berlangsung pada14-18 Agustus 2023.

Setiap hari mereka melakukan “academic visit” dengan presentasi, diskusi dan tanya jawab untuk 2 universitas dan 1 sekolah menengah atas di Taichung dan Taipei.

Hari pertama, rombongan diterima oleh China Medical University, Taichung, di mana keunggulan universitas ini adalah ilmu penerapan proton di dunia kedokteran.

Penemuan cara dan obat untuk kanker melalui teknologi proton menjadi salah satu topik penjelasan yang mereka sampaikan.

Universitas yang menjadi kunjungan berikutnya adalah Asia University, masih di kota Taichung. Dan melalui universitas inilah, semua pembiayaan ditanggung, karena mereka sebagai tuan rumah yang bekerjasama dengan Taiwan Center Indonesia.

Program yang dijalankan ini dinamai TECSID, yaitu Taiwan Education Center Indonesia. Dan menjadi yang pertama kali melakukan promosi dan diskusi pendidikan bersama kepala sekolah dari Indonesia atas undangan di Taiwan.

“Asia University merupakan universitas swasta yang sangat terbuka bekerjasama dengan Pendidikan Muhammadiyah,” terang Fitri Sari Sukmawati, M.Pd, Sabtu (19/8/2023).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Haedar Nashir, M.Si, pernah mengunjungi universitas tersebut untuk membuka kantor Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Fitri Sari Sukmawati, M.Pd, sangat bangga menjadi salah satu kepala sekolah perempuan yang sampai di Kantor PCIM Taiwan di Asia University. “Dan banyak kali dalam pidato professor universitas Taiwan menyebut Muhammadiyah,” ungkapnya.

Maka, Fitri Sari Sukmawati makin semangat setelah mengikuti Rakernas Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Banyak yang bisa saya sampaikan data dari jumlah sekolah yang dimiliki dan tujuan pendidikan Muhammadiyah agar mereka lebih paham gambaran kehebatan pendidikan Muhammadiyah untuk selanjutnya kita akan mengadakan kerjasama dan kolaborasi internasional antara sekolah Muhammadiyah dengan sekolah serta universitas di Taiwan,” ungkap Fitri.

Universitas yang menerima rombongan kali ini adalah Asia University, China Medical University, National Taichung University of Science and Technology, National Chung Hsing University, National Chengchi University. “Serta sekolah yang dengan senang hati menyambut kedatangan kita adalah Taichung Second Senior High School dan Taipei Municipal Chenggong High School,” kata Fitri.

Disela-sela kunjungan tersebut mereka diberi kesempatan untuk berkunjung ke kantor Indonesian Economic and Trade Office Taipei (IETO) atau dalam istilah Indonesia adalah Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) yang dikepalai oleh alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yakni Iqbal Soffan Shofwan.

Tepat pada 17 Agustus 2023, HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, makna perjuangan di bidang pendidikan Muhammadiyah akan menjadi lebih terlihat dampaknya. “Jika para praktisi pendidikan juga mampu melakukan komunikasi, kolaborasi dan adaptasi bidang keilmuan sains, sosial serta karakter dakwah mengglobal dengan iman dan takwa menjadi bekal utama agar generasi kita menjadi generasi yang cerdas, adaptable dan resilience,” papar Fitri. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *