Desa Sang-Sang Terpilih Jadi Salah Satu Objek Tim Penilaian PK2D Provinsi Kalsel

Daerah231 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dalam rangka monitoring dan evaluasi pada program peningkatan kualitas keluarga daerah (PK2D), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga berencana gelar kunjungan kerja di Desa Sang sang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Selasa 22/8/2023.

Hadir Kepala Dinas PPPAKB, ketua bidang 1 Tim Penggerak PKK, Camat Kelumpang Tengah, Forkopimca dan 13 Kepala Desa serta SKPD terkait, perwakilan PT Skip dan perwakilan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin.

Acara di buka secara langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar dan meriah dengan penyambutan berbagai penampilan baik itu tarian dan pencak silat.

Kegiatan yang diawali dengan peresmian sekrtariat PKK dan Perpustakaan di Dusun Sungai Karuh serta kunjungan ke kebun PKK Desa Sang- Sang, dilanjutkan dengan peresmian pencanangan Desa ramah perempuan dan peduli anak di Desa Sang Sang oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru serta peresmian Poskesdes Desa Sang- Sang dan meninjau progres bedah rumah sebanyak 15 buah tumah dan sekolah dasar.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan bazar jajanan tradisional dengan menampilkan produk ulahan dari masing- masing Desa, bazar UP2K 13 Desa, gelar pangan murah, layanan posyandu, layanan posbindu dan lansia, kelas ibu hamil dan layanan KB.

Ketua PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana mengatakan, keluarga sebagai unit terkecil masyarakat memiliki peran besar dalam mendukung pembangunan nasional.

Berdasarkan RPJMN IV 2022-2024 disebutkan membangun kebudayaan dan karakter bangsa, salah satu fokusnya adalah meningkatkan kualitas dan ketahanan keluarga dengan adanya target indeks pembangunan keluarga.

Desa Sang- Sang Kecamatan Kelumpang Tengah menjadi salah satu Desa di Kabupaten Kotabaru yang menjadi objek tim penilaian peningkatan kualitas keluarga daerah (PK2D) Provinsi Kalimatan Selatan tahun 2023.

Dikatakan lebih lanjut, Desa Sang-sang terpilih sebagai lokus program PK2D diantaranya adalah karena kondisi keluarga dan indeks ketahanan keluarga yang masih dibawah garis kualitas yang cukup, sehingga perlu mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah.

” Keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang benar- benar memperhatikan berbagai aspek penting yang menyertainya, mulai dari lingkungan tempat tinggal, kesehatan, pendidikan bagi anak hingga kebutuhan gizi keluarga,” jelas Ketua PKK.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis dari SKPD, diantaranya menyerahan KTP oleh Disdukcapil, penyerahan alat industri rumahan dan BKB kids siap nikah oleh PPPAPPKB dan menyerahan buku- buku pustaka dari Disarsipus.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *