headline

Terkait Dugaan RPHU Mangkrak mendapatkan Sanggahan Dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan

LAMONGAN ,Kabar One.com– Gedung Rumah Pemotongan Hewan Unggas (RPH – U) Kabupaten Lamongan sebelah barat yang proyek pembangunannya dikerjakan tahun 2022 lalu dengan anggaran senilai Rp 6 miliar terlihat mangkrak tak berfungsi.

Pantauan duta.co di lokasi, gedung satu lantai yang berada di jalan Sidoharjo dengan perkiraan kurang lebih luasnya sekitar 1 hektar lebih tersebut terlihat tidak ada tanda – tanda aktivitas pekerjaan pemotongan hewan ayam.

Berdasarkan data yang dihimpun, pada APBD Lamongan tahun 2022, ada pengadaan peralatan RPH-U sebesar Rp. 1.004.300.000. Pembangunan komplek gedung dan pemasangan Rail Conveyor RPH-U Rp. 4.357.633.402, serta pengerukan lahan Rumah Potong Hewan (RPH) Rp. 665.521.052.

Selain itu, di lokasi rumah pemotongan hewan unggas juga terlihat papan nama proyek kegiatan tahun 2023 ini pembangunan plengsengan dan pagar RPH – U dengan nilai sebesar Rp.217. 894. 165.00 tepatnya bulan Juni 2023.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan, Wahyudi, saat dikonfirmasi awak media berkaitan dengan adanya persoalan tersebut, ia mengatakan, gedung rumah pemotongan hewan itu sudah difungsikan.

“Rumah pemotongan unggas Itu sudah difungsikan tapi malam hari. Coba dilogikakan kalau RPU itu dilakukan pemotongan pada siang hari, lah kapan mereka jualnya,” ujar Wahyudi usai keluar dari kantor DPRD Lamongan, Kamis (31/8).

Ia menjelaskan, kegiatan pemotongan itu malam hari, yakni jam 02.00 – 03.00 pagi. Unggas Itu disembelih kemudian dibawa ke pasar – pasar. Memang kalau siang hari terlihat sepi, siapa juga yang mau menyembelih, kalau dijual siapa yang mau beli.

“Saat ini kita sedang berupaya dengan swasta yang besar untuk bisa masuk kesini, sehingga itu ada simultansinya terus menerus, tapi syaratnya juga harus punya cold storage yang cukup kemudian airbaas yang cepat menjadi beku. Itu yang saat ini kita fokus pendanaannya gimana,” ucap Wahyudi. (****).

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

11 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

12 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

13 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

15 hours ago

Suwanti Kader PDI-P Jabat Ketua DPRD Kotabaru Sementara, Amanah Harus Dijaga

KOTABARU,kabarOne.com- Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau…

21 hours ago

Dianugerahi Bintang Mahaputra Nararya dari Presiden Jokowi, Menteri AHY Akan Terus Fokus pada Target Pencapaian Kementerian ATR/BPN

JAKARTA ,Kabar One.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

21 hours ago