Bentuk Perhatian Kepada Warganya, Pemdes Tanah Rata Latih Warganya Membuat Sasirangan

Daerah62 views

LKOTABARU,kabarOne.com- Gelar Pelatihan Kelompok Usaha Ekonomi Produktif bidang pemberdayaan masyarakat Desa, hal ini merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Tanah Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru dan layak untuk dijadikan referensi.

Bentuk perhatian Pemdes Desa Tanah Rata terhadap warga masyarakat yang dilakukan salah satu caranya dengan memberikan “Pelatihan Membuat Kain Sasirangan”, bertempat di balai kubah Desa Tanah Rata Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Kamis 14/9/2023.

Kegiatan pelatihan ini di hadiri oleh perwakilan Camat Kelumpang Tengah, perwakilan Danramil dan perwakilan PT Arutmin Senakin Mine.

Pelatihan dilaksanakan selama empat hari (Kamis- Minggu), hari pertama peserta dijelaskan mengenai alat dan bahan untuk membuat sasirangan, kemudian praktek satu per satu cara menggunakan pola atau gambar yang telah dibuat di lanjutkan ke proses jelujur, penarikan dan pewarnaan.

Tujuan dari kegiatan ini menurut Kepala Desa Tanah Rata Anwar Rizali, adalah agar ke depan ibu- ibu bisa membuat kreatifitas sasirangan dengan menampilkan motif yang berciri khas potensi – potensi yang ada di Desa Tanah Rata. Dan bisa memberikan peluang peningkatan penghasilan bagi masyarakat sekitar.

“Kami mencoba melangkah agar potensi baik pertanian, produk lokal serta potensi lain yang ada di Desa Tanah Rata bisa berkembang. Salah satu cara bisa kami kenalkan melalui motif sasirangan buatan masyarakat di Desa Tanah Rata,” ungkapnya.

Kami sengaja mendatangkan pelatih atau pengrajin sasirangan dari Banjarbaru yang sudah ahlinya dalam pembuatan sasirangan yang merupakan khas Kalimantan Selatan.

” Harapan kami adalah bahwa ke depan, dengan belajar membuat sasirangan ini akan ada pengrajin lainnya yang bisa membuat sasirangan di Desa Tanah Rata, karena sebelumnya sudah ada kelompok pengrajin sasirangan binaan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin yang sudah berproduksi,” jelasnya.

Perlu diketuai, pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan sebelumnya pada tahun 2022 lalu yang di inisiasi oleh PT Arutmin Indonesia Senakin Mine melalui program PPM yang di laksanakan di Kecamatan Kelumpang Utara yang di ikuti oleh perwakilan Desa Lingkar Tambang.(HRB)

Penulis; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *