Daerah

PT KJG, PLN IP Semarang PGU Bersama IZI Jateng Fasilitasi Layanan Kesehatan Gratis dan Stunting

KABARONE.COM,SEMARANG – PT Kalimantan Jawa Gas (KJG) berkolaborasi dengan PT PLN Indonesia Power (IP) Semarang PGU dan Inisiatif Zakat Indonesia atau IZI Jawa Tengah fasilitasi pelayanan kesehatan gratis bagi ratusan warga Tambak Mulyo, Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang.

Selain layanan kesehatan, warga juga mendapatkan layanan stunting.

Camat Semarang Utara, Siwi Wahyuningsih mengapresiasi PT KJG bersama PT PLN Indonesia Power Semarang PGU dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng yang memfasilitasi warga Semarang Utara, khususnya di wilayah Tambak Mulyo dalam hal pelayanan kesehatan maupun stunting.

“Penurunan anak stunting di wilayah Semarang Utara sangat signifikan, yakni dari 190 anak sekarang menjadi 74 anak. Harapannya kerjasama ini terus berlangsung, CSR yang diberikan bermanfaat bagi warga kami,” kata Siwi kepada awak media, Rabu (13/9/2023).

Ia berharap, kerja sama ini terus berlanjut memberikan manfaat untuk warga khususnya di wilayah Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara.

Siwi mengaku akan fokus dalam penanganan stunting. “Terhadap 74 anak yang dinyatakan stunting akan mulai kita identifikasi, akan kita klasifikasikan apakah ini karena penyakit bawaan dari anak atau lainnya, yang akan ditangani oleh Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan dan akan kita sinergikan dengan IZI Jateng,” terangnya.“Target 2024, zero stunting,” tandas Siwi.

Manager Kesehatan, Keselamatan Kerja & Perlindungan Lingkungan (K3PL), Humas dan CSR Kalimantan Jawa Gas (KJG), Ferman Hakiki menyatakan, KJG berkomitmen terhadap CSR yang berada di sebagian besar wilayah kota Semarang dan sekitarnya,

Diantaranya melaksanakan kesehatan keliling, memberikan santunan anak yatim, memberikan sumbangan hewan kurban saat Idul Adha dan lainnya.

Sementara dalam kasus stunting, menurut Ferman, pihaknya siap mendukung kegiatan penanganan Stunting di Semarang untuk mensukseskan target pemerintah Kota Semarang melalui program CSR KJG dan nantinya bekerjasama dengan IZI.

Sementara itu Assistant Manager Keamanan dan Humas PT. PLN Indonesia Power Semarang PGU, Retno Wulandari mengatakan, program layanan kesehatan dan stunting di Kelurahan Tanjung Mas dari PLN IP ini bersinergi dengan KJG dan IZI Jateng.
“Dalam penanganan stunting, di sini kami manfaatkan dari olahan lele. Jadi selain bandeng presto kami ada olahan dari lele untuk mengatasi stunting yang ada di wilayah Semarang Utara,” ungkap Retno.
“Program dari kami ini dapat membantu penanganan stunting yang ada di wilayah sekitar Semarang Utara yang masih cukup tinggi. Namun akhir-akhir ini sudah ada bukti bahwa Pemerintah Kota Semarang berhasil menurunkan angka stunting dengan signifikan di Semarang Utara,” jelasnya.

Retno sangat mendukung dan mengapresiasi penuh langkah dari Pemerintah Kota Semarang terhadap program penurunan stunting.

Djoko Adhi Saputro, Kepala Perwakilan IZI Jateng mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan ini diikuti oleh 154 warga dan 100 Balita yang diprioritaskan anak stunting.

Menurut Djoko, kegiatan layanan kesehatan yang bersinergi dengan PT KJG bersama PT PLN Indonesia Power Semarang PGU ini dilakukan secara periodik.

” Aksi ataupun kegiatan semacam ini sudah beberapa kali kami laksanakan, dan terus akan kami lanjutkan dalam selang waktu yang tetap,” ujar Djoko.

Salah satu warga Tambaknulyo RT 4 RW 9 Kelurahan Tanjungmas Suprihatin (39) mengucapkan terimakasih atas program pelayanan kesehatan dan stunting oleh PT KJG, PLN dan IZI.

“Kiranya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lagi karena sangat membantu meningkatkan kesehatan warga,”ucapnya.

penulis : amir f

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Dua Raperda Pemkab Kotabaru di Sidangkan DPRD Kotabaru

KOTABARU,kabarOne.com- Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotabaru masa persidangan III Rapat ke-9 tahun sidang 2023/2024 digelar…

6 hours ago

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur Mengucapkan Selamat Atas dikukuhkan dan diterimakannya SK (PPPK) Formasi tahun 2023

Lamongan,Kabar One.com-Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Abdul Ghofur beserta jajaran Anggota Legislatif lainnya mengapresiasi langkah…

8 hours ago

Satpol PP Lamongan Gencar Lakukan Pemberantasan Rokok Ilegal

Lamongan,Kabar One.com-Dalam rangka intensifkan pemberantasan rokok ilegal, sebanyak 5.780 batang rokok ilegal di Kabupaten Lamongan…

9 hours ago

GNSTA dan LKD Digelar Pemkab Kotabaru, Arsip Sebagai Sumber Informasi

KOTABARU,kabarOne.com- Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan pemusnahan arsip inaktif pada lembaga kearsipan…

16 hours ago

Ungkapan Mantan Kapolres Kotabaru di Malam Pisah Sambut, Ini Kata Wabup Arul

KOTABARU,kabarOne.com- Malam Ramah Ramah Pisah Sambut Kapolres Kotabaru dari AKBP Dr. Tri Suhartanto kepada AKBP…

20 hours ago

Tiba di Mapolres, AKBP Doli M Tanjung Disambut Hangat

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah dilaksanakannya serah terima jabatan Kapolres AKBP Doli M Tanjung, S.I.K yang baru saja…

1 day ago