Daerah

Sebanyak 80 Peserta Ikuti Pelatihan Di BLK Kotabaru, PT Hillcon Punya Program BO

KOTABARU,kabarOne.com- Sebanyak 80 peserta warga Kotabaru yang telah lulus mengikuti seleksi di BLK Kotabaru resmi mengikuti pelatihan pendidikan dan keterampilan bagi pencari kerja ” Kejuruan Operator Alat Berat, Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Garmen Apparel dan Processing melalui dana APBD Kotabaru tahun 2023.

Kegiatan berlangsung di Aula Balai latihan Kerja Kotabaru, dan dibuka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Kotabaru Minggu Basuki, Senin 16/10/2023.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kotabaru, Sugian Noor mengatakan, seharusnya BLK Kotabaru ini mempunyai anggaran untuk pelatihan minimal 10 milyar agar bisa melatih 1000 orang peserta dalam satu tahunnya, karena Kotabaru merupakan penyangga IKN terdekat.

Ia berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru bisa alokasikan anggaran yang lebih besar untuk mendukung sarana dan prasarana pelatihan di BLK, karena BLK adalah salah satu cara dan solusi untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di Kabupaten Kotabaru.

” Disnakertrans Kotabaru juga sudah berkunjung untuk belajar ke BLK di Bandung dan Medan, jadi ada beberapa teknologi yang di kembangkan yang bersifat lebih teknis,” ungkapnya.

Sementara Didi Cahyadi PDC PT Hillcon mengatakan, PT Hillcon saat ini mempunyai program Bassek Operator (BO), jadi anak-anak yang keluar dari sekolah direkrut terus di buatkan untuk siswa pelatihan, dan di dalam pelatihan itu ada banyak tahapan-tahapan baik mulai dari seleksi sampai binaan mental dan fisik yang di latih langsung oleh TNI.

Lanjut Didi, setelah selesai proses binaan mental dan fisik langsung di adakan kelas dan di ajarkan praktek, di dalam praktek itu cukup panjang perjalanan prosesnya yaitu di antara 10 bulan sampai 1 tahun, tapi tergantung ada kendala atau tidaknya dengan unit yang tersedia.

Sedangkan untuk armada yang di siapkan ada excavator dan buldozer, adapun pesertanya dari warga di sekitar Tambang PT STC atau lingkup Desa binaan yang mana untuk tahap pertama ini ada 10 orang peserta yang mengikuti BO.

“Tapi sebelumnya ada beberapa angkatan yang sudah menjadi karyawan yang sebelumnya hanya sebagai hilver kemudian di didik untuk menjadi seorang operator dan ini sudah berjalan 3 angkatan,” pungkasnya.

Pembukaan Pelatihan dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotabaru, Sugian Noor, Anggota DPRD Kotabaru Gewsima Mega Putra, Direktur Politeknik Kotabaru, pihak perusahaan Lingkup Kotabaru dan peserta diklat.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

.Polres Jakarta Timur Belum Ungkap Dugaan Pembunuhan, Keluarga Korban Minta Kepastian Hukum Ke Kapolri

Jakarta ,Kabarone.com,-Keluarga korban orang hilang meminta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri RI) Sulistyo Sigit Prabowo,…

60 mins ago

Perayaan HUT ke-19 PT. Jhonlin Baratama, Ribuan Warga Makan Gratis

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Mengambil tempat di Lapangan Bandara Bersujud Tanah Bumbu, PT. Jhonlin Baratama merayakan Hari…

7 hours ago

Dusun Ngablak Desa Kebalandono Adakan Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79

Lamongan,Kabar One.com - Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 warga Dusun Ngablak Desa Kebalandono…

19 hours ago

Malam Puncak Perayaan HUT RI KE 79, DI RW02 Kelurahan Petojo Utara Semarak

JAKARTA KABARONE : Sehat senam bersama bukan hal sekedar kegiatan rutin tetapimerupakan sebuah perayaan kesehatan…

20 hours ago

Malam Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk Adakan Hiburan Campur sari

Lamongan,Kabar One.com- Patut di apresiasi, Acara malam puncak memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 Desa Gumantuk…

21 hours ago

Usai Ikuti Sidang Tahunan DPR-MPR RI, Menteri AHY Bertolak ke Kaltim untuk Ikuti Rangkaian Acara HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA ,Kabar One.com- Usai mengikuti Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI…

23 hours ago