Peringati HKN ke- 59, Sekda Kotabaru Jadi Pemimpin Upacara

Daerah62 views

KOTABARU,kabarOne.com- Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun 2023 di peringati oleh Pemkab Kotabaru melalui Dinas Kesehatan Kotabaru, dan sebagai pemimpin upacara Sekretaris Daerah Drs. H. Said Akhmad,MM, berlangsung di halaman Rumah Sakit Jaya Sumitra Kotabaru, Senin (13/11/2023).

Kegiatan di awali dengan kunjungan ke makam pahlawan kemudian diteruskan dengan upacara yang diikuti Forkopimda lingkup Dinas Kesehtan serta karyawan karyawati Rumah Sakit Jaya Sumitra Kotabaru, dengan tema ” Transformasi kesehatan untuk indonesia maju,”

Sambutan menteri kesehatan RI dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kotabaru, ada 6 pilar transformasi kesehatan bisa ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

1. Pilar pertama, transformasi layanan primer, dari fokus mengobati, mencegah
Pelayanan primer harus memberikan akses layanan kesehatan dsar kepada seluruh masyarakat, dengan mengedepankan layanan promotif dan preventif berdasarkan siklus hidup manusia.

2. Pilar kedua, transformasi layanan rujukan, dari akses layanan kesehatan yang susah menjadi mudah.

Penguatan pelayanan kesehatan rujukan dilakukan melalui pemenuhan infrastruktur, SDM, sarana prasarana, pemanfaatan telemedisin, pengembangan jejaring pengampuan layanan prioritas dan pelayanan unggulan berstandar internasional.
3. Pilar ketiga, transformasi sistem ketahanan kesehatan.

a. dari industri kesehatan yang bergantung keluar negeri, menjadi mandiri di dalam negeri.
b. dari sistem kesehatan yang rentan dimasa wabah menjadi tangguh.

4. Pilar keempat, transformasi pembiyaan kesehatan.
Dari pembiyaan yang tidak efesien, menjadi transparan dan efektif.

5. Pilar kelima, transformasi SDM kesehatan.
Dari tenaga kesehatan yang kurang, menjadi cukup dan merata.
Secara khusus, pemerintah sedang mengaklselerasi produksi dan pemerataan jumlah dokter spesialis, melalui penyelenggaraan pendidikan dokter spesialis berbasis kolegium dan rumah sakit.

6. Pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan. ” dari sistem informasi yang terfragmentasi, menjadi terintegritas. Dari teknologi kesehatan yang tertinggal menjadi terdepan,” ungkap Sekda.

Dikesempatan yang sama juga dilakukan peneyerahan hadiah lomba yel yel jambore kader yaitu juara 1 adalah posyandu kasih ibu, juara 2 posyandu abu-abu dan juara 3 adalah posyandu kenanga.

Untuk Lomba inovasi yaitu Juara 1 adlaah posyandu terbang, Juara 2 posyandu todak dan Juara 3 posyandu gemasi.

Sedangkan Lomba PMT adalah Juara 1 posyandu kenanga,Juara 2 posyandu kasih ibu dan Juara 3 posyandu lajang.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *