Banjir Bandang Terjang Kec Baktiraja Kab Humbahas Prov Sumut 12 Orang Dinyatakan Hilang

Daerah231 views

Humbahas Kabarone.com,-Warga Desa Simangulampe, Kecamatan Bakara, Tipang dan Janji Raja (Baktiraja) berduka akibat banjir bandang dan longsor menerjang kawasan pemukiman pada Jumat 01/12/2023, malam sekitar pukul 21.30 Wib.

Sebanyak 12 orang warga Desa Simangulampe, dinyatakan hilang serta rumah pemukiman warga pun sebahagian hilang diterjang banjir bandang, serta jalan Raya lintas Bakti Raja ke Kecamatan Muara dan sebaliknya lumpuh karena ditutupi matrial lumpur dan bebatuan besar.

Sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, mengatakan setelah pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat, tim Basarnas Medan langsung mengerahkan sejumlah personel dari Pos SAR wilayah Parapat Danau Toba menuju lokasi longsor,agar melaksanakan operasi pencarian korban dan orang hilang di lokasi titik longsong, dengan membawa peralatan mountaineering serta beberapa peralatan pendukung lainnya.

Menurut Budiyono, “banyaknya material batu-batuan bercampur lumpur akibat banjir bandang dan longsor yang menggenangi lokasi pemukiman warga, sehingga sangat menyulitkan tim SAR untuk melakukan pencarian. Selain menggunakan excavator, tim SAR juga harus menggeser secara manual material batuan tersebut untuk membuka akses pencarian di lokasi yang dicurigai posisi keberadaan korban. Hingga saat ini tim SAR masih berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian dengan harapan seluruh korban secepatnya ditemukan”, ungkapnya.

Ditambahkan, selain itu memaksimalkan pencarian, Pos SAR Parapat Danau Toba juga mengerahkan satu unit drone yang dilengkapi teknologi pembaca thermal untuk memaksimalkan pencarian para korban melalui udara.
Berdasarkan data data ke 12 orang warga yang ditengarai hilang yakni :
1. Pintar Simanullang
2. Juni Silaban
3. Adriano Silaban
4. Tiamin Sinambela
5. Lasroha Simanullang
6. Eva Purba
7. Kriston Siregar
8. Desman Sihombing
9. Op.Gomgom
10. Boru Banjar
11. Boru Lubis
12. Boru Simanjuntak

Berdasarkan informasi, bahwa kronologis banjir bandang dan longsor terjadi Jumat 01 Desember 2023 sekitar Pukul 21.30 Wib. Air dan bebatuan bercampur lumpur menghantam Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja. Dibarengi hujan deras sehingga mengakibatkan longsor, dan sejumlah rumah warga tidak kelihatan dan sebahagian hanya terlihat atap rumah yang telah rusak parah. Salah satu Hotel dan Gereja Katolik yang berada di Desa Simangulampe masih terlihat, namun didepannya telah tertimbun bebatuan dan lumpur.

Menurut warga sekitar, beberapa korban tertimbun dan dinyatakan hilang di sekitar Pemukiman warga. Sementara pemerintah, tim SAR bersama masyarakat Bakti Raja telah melakukan pencarian namun korban hilang belum ditemukan. Oleh karena itu, informasi diteruskan ke BPBD Humbahas dan melaporkan ke Pos SAR Danau Toba guna meminta bantuan SAR, ucap tim SAR, 02/12/2023.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *