by

Wujudkan Harmonisasi Industri dan Alam, KIW Tanam 1.500 Mangrove dan Cemara Laut

-Daerah-130 views

KABARONE COM,SEMARANG- PT Kawasan Industri Wijaya Kusuma (KIW) selama ini tidak hanya berorientasi bisnis , produksi dan ekonom semata , akan tetapi justru terus berkiprah dalam upayanya mewujudkan harmonisasi dengan alam lingkungan diseputar kawasan industri terutama menjaga kelestarian ekosistem pesisir (Go green).

“Ya satu program penanaman pohon magrove dan cemara laut yang secara konsisten kita lakukan di sini kita ingin mewujudkan kawasan industri yang hijau. Ini kita lakukan secara bertahap dan pentingnya bagian utara kita ini kan berbatasan langsung dengan laut,” kata Ahmad Fauzie Nur Direktur Utama Kawasan Industri Wijayakusuma, Jumat (8/12/2023).

Fauzie menjelaskan bahwa kegiatan penanaman kali ini adalah bentuk kesinambungan antara industri dengan alam serta upaya pelestarian ekosistem pesisir KIW.

“Kami hari ini melakukan penanaman 1.500 mangrove dan 800 Cemara Laut untuk membentuk ekosistem asri di pesisir pantai,” katanyab

Kegiatan penanaman ini mendapat respon positif dari beberapa pimpinan tenant yang ada di KIW.

Menurutnya, bukan hanya di pantai nantinya KIW juga mulai menanam pohon di sekitar bantaran sungai.

“Selain menjaga kelestarian lingkungan, nantinya jika sudah rimbun mangrove yang ada di KIW dapat dijadikan destinasi wisata untuk tenant maupun warga sekitar,” ujarnya.

KIW juga mendukung program pemerintah mengenai penerapan energi baru terbarukan (EBT). Hal ini mendukung langkah pemerintah dalam mewujudkan zero karbon di tahun 2050.

Fauzie mengungkapkan bahwa sesuai dengan arahan pemerintah KIW ke depan akan mempersiapkan pemasangan solar panel untuk lampu penerangan jalan dan juga kendaraan listrik.

Untuk diketahui, penanaman bibit pohon mangrove dan cemara laut oleh KIW tahun ini dilaksanakan masih dalam rangka memperingati World Tree Days bertajuk Planting Hope, Growing Green .

Selain dari PT KIW, turut hadir pada kesempatan tersebut , Dir PT PWS, Camat Tugu,Kapolsek , Danramil Tugu, Lurah Randugarut, Karanganyar, Dinas Lingkungan Hidup, dan LSM Mangrove Lestari serta perwakilan tenant KIW. ***

pewarta ; amr

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *