by

FGD KKS Digelar, Program KKS Bukan Tanggung Jawab Sektor Kesehatan, Tapi Tanggung Jawab Semua Instansi

-Daerah-146 views

KOTABARU,kabarOne.com- Pemkab Kotabaru menggelar Fokus Group Discussion (FGD) program Kabupaten kota sehat (KKS) Kabupaten Kotabaru tahun 2023 bersama Stakeholder terkait lingkup Kotabaru bertempat di ruang rapat Bappeda Kotabaru Lt. III, Kamis (14/12/2023)

Hadir Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru Drs. H. Murdianto, M. Si, perwakilan SKPD terkait, perwakilan perusahaan dan forum KKS Kotabaru.

Asisten II Bidang Pemerintahan dan pembangunan Setda Kotabaru Drs. H. Murdianto, M.Si mengatakan, hari ini dilaksanakan satu kegiatan yang ada kaitannya dengan tugas pokok Pemerintah, keterlibatan masyarakat dalam rangka mewujudkan kebutuhan masyarakat tentang kesehatan

” Ini urgent dan mengandung makna yang strategis dalam rangka melaksanakan kewajiban normatif maupun kewajiban yang sifatnya Horizontal kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kata Murdianto, dimana Pemerintah Daerah sesuai dengan normatif regulasi yang saat ini berlaku, ditambah dengan adanya beberapa penekanan dari Pemerintah Pusat untuk menekan kepada kita semua melalui peraturan bersama Permendagri dan Kemenkes tentang finalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui gerakan Kabupaten sehat.

” Artinya satu Undang- undang sudah di wajibkan, tapi di sisi lain ada penekanan-penekanan yang harus diperhatikan dalam rangka pelaksanaan dari Undang- undang tentang urusan wajib menyangkut pelayanan dasar yaitu masalah kesehatan,” sebutnya.

Kesehatan adalah salah satu kebutuhan pokok masyarakat, karena di luar sana banyak aspek-aspek yang bisa mempengaruhi kesehatan, karena kesehatan adalah kunci kehidupan dari manusia.

” Oleh sebab itu pentingnya kesehatan sehingga ada beberapa kebijakan yang memang yang di haruskan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten untuk bisa menyelenggarakan pelayanan di bidang kesehatan,” pungkasnya.

sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Kotabaru Ir. Rurien Srihardjanti, MM mengatakan, Program Kabupaten kota sehat pada prinsipnya bukan tanggung jawab sektor kesehatan saja, namun merupakan tanggung jawab semua instansi yang ada di Kabupaten Kotabaru yang dapat mendekatkan program-program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah daerah.

” Dengan mendapatkan fasilitas dari sektor terkait masalah program yang telah dilaksanakan, bukti keberhasilan yang terletak pada dukungan pemerintah, swasta, masyarakat dan kolaborasi serta komitmen penuh lintas sektor untuk memenuhi setiap indikator pada setiap tatanan yang ada,” ujar Rurien.

Tambahnya, maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan peran kelembagaan dalam mendorong percepatan program sehat di Kotabaru.

” Kabupaten kota sehat merupakan suatu pendekatan yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong dan terciptanya kualitas lingkungan fisik, budaya, produktivitas serta perekonomian suatu wilayah,” pungkasnya.(HRB)

By; Herpani

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *