Penyampaian Laporan 3 (Tiga) Raperda Dipersidangan II Rapat Ke- 2 Tahun Sidang 2023/2024

Daerah168 views

KOTABARU,kabarOne.com- Wakil Ketua DPRD Kotabaru pimpin rapat paripurna penyampaian laporan badan pembentukan Perda DPRD Kotabaru terhadap Proses Pembahasan 3 Rancangan Peraturan Daerah, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kotabaru, Senin (18/12/2023).

3 Raperda tersebut adalah: Rancangan Raperda tentang Ketahanan Keluarga, Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, serta Raperda tentamg Pendidilan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Dalam Rapat Paripurna masa persidangan II Rapat ke-2 Tahun Sidang 2023/2024 ini juga diisi dengan Penandatanganan Keputusan Bersama antara DPRD Kabupaten Kotabaru dengan Bupati Kotabaru yang diwakili Asisten I Setda Kotabaru atas 3 (tiga) buah Rancangan Peraturan Daerah menjadi Peraturan Daerah Kotabaru.

Ketua Bapemperda DPRD Kotabaru Suji Hendra mengatakan, berdasarkan Keputusan DPRD Kotabaru Nomor 38 Tahun 2023 tentang Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) ada 23 (dua puluh tiga) perda yang ditetapkan di dalam Surat Keputusan Propemperda tahun 2023, terdiri dari 3 (tiga) raperda wajib, 7 (tujuh) raperda inisiatif DPRD, dan 13 (tiga belas) raperda dari eksekutif.

” Ada 23 (dua puluh tiga) Perda diantaranya, Raperda tentang Pengembangan Budaya Literasi, Raperda
Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta Raperda tentang Kerjasama, Raperda tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Raperda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” bebernya

Dan ada 2 (dua) Raperda Inisiatif DPRD yang dikembalikan ke Bapemperda yaitu, Raperda tentang Penyelenggaraan Alur Pelayaran Sungai, dan Raperda tentang Penyelenggaraan Jalan Khusus.

” Setara dalam penyelenggaraan Pembangunan Daerah yang terus terpelihara menjadi harapan kita dalam pelaksanaan berbagai kegiatan agenda pembangunan, begitupun dengan agenda Paripurna hari ini yang bertujuan untuk kepentingan masyarakar Kabupaten Kotabaru,” ujar Asisten Setda I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kotabaru Drs. Minggu Basuki, M. Ap saat membacakan sambutan Bupati Kotabaru.

Selain itu, Minggu Basuki juga mengucapkan, rasa terimakasih kepada Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD yang telah bekerja keras melakukan pembahasan Raperda tentang Ketahanan Keluarga, Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani, serta Raperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

” Agar dapat menyetujui dan menerima raperda ini dan dapat disahkan dalam Rapat Paripurna yang kita laksanakan pada hari ini,” harapnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *