Pelantikan PC IMM OKU Timur Periode 2023-2024 serukan Kolaborasi dan Narasi untuk Aksi

Ragam338 views

OKU Timur Sumsel ,Kabar One.com- Setelah Musyawarah Cabang pada 19 Desember 2023 tempo hari, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ogan Komering Ulu Timur (PC IMM OKU Timur) periode 2023-2024 akhirnya resmi dilantik oleh DPD IMM Sumsel.

Kegiatan pelantikan tersebut dihelat di Aula lantai 2 Kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Harjowinangun, Kecamatan Belitang, OKU Timur Sumatera Selatan pada Jumat (29/12/2023).

 

Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) dan pengambilan ikrar atau sumpah jabatan dipandu oleh Prely selaku Kabid. Media dan Komunikasi DPD IMM Sumsel. Serempak IMMawan M. Vicky Bagas Saputra selaku Ketua Umum dan jajaran Badan Pimpinan Harian (BPH) PC IMM OKU Timur periode 2023-2024 lainnya mengikutinya. Dilanjutkan serah terima jabatan dari pengurus PC IMM OKU Timur periode sebelumnya ke periode yang baru saja dilantik.

Adapun, dalam pelantikan tersebut dihadiri oleh Dr. H. Mursyid, S.IP. MM. M.Si selaku Majelis Kader PDM OKU Timur, DPD IMM Sumsel, Didi Franzhardi, M.Pd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Benny Tenagus, S.KM, M.M, M. Hafiz Azhad, S.P., M.Si selaku Alumni IMM, dan Sekretaris Yayasan STIPER Belitang, Nasyiatul Aisyiyah, IPM beserta AMM OKU Timur lainnya, BEM beserta Organisasi internal kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur lainnya, dan OKP di Lingkungan Kabupaten OKU Timur, Relawan OKU Timur.

Dalam pelantikan tersebut juga hadir ucapan karangan Bunga dari H. Sugeng Supriyanto, S.P., M.M selaku Staf Khusus Bupati OKU Timur, HJ. Meilinda, S.Sos., M.M selaku Direk.ICSB/UMKM Area OKU Timur, Sunarto, S.P selaku Ketua Bawaslu OKU Timur, PD IPM OKU Timur, Preli Yulianto, S.P selaku Founder PP Komunitas Laskar Impian, PC IPM BMT, Erik Riyadi, S.H, selaku Ketua PC IMM Kota Palembang 2018-2019, dan Percetakan David.

Dalam pelantikan ini juga PC IMM OKU Timur kolaborasi dengan beberapa media partner seperti Media Tajdid.id, Media Suara Muhammadiyah, Media Kabar One.com, Media Peduli Rakyat.com, Media Idepublik.com, Media OKU Timur Pos, dan Media Modernis.co.

 

Mewakili Pimpinan Derah Muhammadiyah OKU Timur, Dr. H. Mursyid, S.IP. MM. M.Si selaku Majelis Kader menyampaikan apresiasi terselenggaranya pelantikan PC IMM OKU Timur periode 2023-2024 yang merupakan bagian dari regenerasi kepemimpinan.
Mewakili Ketua PDM OKU Timur H. Prioyitno, S.Pd., M.M. mengucapkan innalilahi dan selamat telah resmi dilantik. Beliau menuturkan hal tersebut seperti halnya tatkala kita mendapatkan amanah, seperti khalifah pertama umat Islam, Abu Bakar Ash-Shiddiq Ra, setelah dikukuhkan berucap “inna lillahi wa inna ilahi rajiun” yang artinya, Semuanya berasal dari Allah dan pada saatnya akan kembali kepada Allah. Begitu pula IMMawan dan IMMawati tatkala mendapatkan amanah jabatan jadi pengurus IMM.

“IMM pada prinsipnya mahasiswa Islam dengan berpatokan dengan trikompetensi sebagai ideologinya intelektualitas, religiusitas, dan humanitas dengan menjalankan fungsi mahasiswa, peran mahasiswa sebagai agent pembaharu, sosial kontrol, penjaga moral, sebagai iron stock yang berakhlak mulia. Maka, selama itu dijalankan, kekuatan ideologi dengan empat hal itu. IMM akan menjadi organisasi dalam percaturan ormawa menjadi yang luar biasa, bahkan mampu menjadi generasi emas untuk kemajuan daerah, bangsa dan negara,” jelas Mursyid.

Mewakili Pengurus PC IMM OKU Timur periode 2022-2023, IMMawati Sefina Marantika menyampaikan bahwa IMM merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak di bidang keagamaan, kemahasiswaan dan kemasyarakatan. Masih ingat dalam ingatan saya, di mana IMM untuk pertama kalinya di hadirkan di Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah OKU Timur.

Banyak sekali rintangan yang di lalui, namun dibalik itu semua saya sangat berterima kasih kepada Ayahanda PDM OKUT, dan segenap civitas akademika STKIP Muhammadiyah OKU Timur, dan sampai saat ini Ayahanda semuanya selalu membantu dan men-support kami hingga saat ini.

“Saya mewakili Ketua Umum PC IMM OKU Timur yang tidak sempat hadir hari ini mengucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama masa bakti 2022-2023 kami masih belum maksimal. Masih banyak program-program yang belum terlaksana karena mengingat dalam masa kepemimpinan kami masih berfokus ke dalam internal IMM. Harapan saya kepada pengurus PC IMM OKU Timur periode 2023-2024, jadilah kader ikatan yang membawa kemajuan dan menjadikan IMM OKU Timur lebih baik lagi. Jadilah kader yang berintektual, dengan karakter profetik yang baik. Dan semoga bisa membawa IMM menuju arah yang lebih cerah,” terang Sefina yang merupakan Bendahara Umum PC IMM OKU Timur periode 2022-2023.

“IMM kedepannya semoga bisa menjadi organisasi yang melahirkan kader dengan pemikiran-pemikiran pembaharuan untuk Persyarikatan dan Islami,” tutupnya.

Mewakili Ketua Umum DPD IMM Sumatera Selatan, IMMawan Preli Yulianto menyampaikan permohonan maaf dari Ketua Umum DPD IMM Sumsel IMMawan Robiyatul Maulana, dan Sekretaris Umum IMMawan M. Agung Rizky, tidak bisa hadir lantaran masih berada di Jakarta mengurus terkait tindak lanjut pemantau pemilu, jadi sekedar informasi bahwa DPD IMM Sumatera Selatan menjadi salah satu dari tiga pemantau pemilu yang memiliki Akreditasi resmi dari Bawaslu pada Pemilu 2024 nanti. Itu Artinya IMM siap mengawal jalannya pemilu sehingga terwujud pemilu yang demokratis, jujur, damai, dan kompetitif, serta bersih dari kecurangan.

DPD IMM Sumsel juga ditunjuk sebagai tuan rumah Muktamar IMM ke-20 yang akan dihelat bulan Maret nanti di Palembang. Muktamar IMM merupakan musyawarah ataupun kongres tertinggi, dan dihadiri anggota Dewan Pimpinan Pusat IMM, utusan-utusan Dewan Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang IMM se-Indonesia.

“Ucapan selamat dari DPD IMM Sumsel telah resmi dilantik pengurus PC IMM OKU Timur periode 2023-2024. Ini merupakan babak baru bagi IMM OKU Timur mengingat pasca pembentukan, setelah dibentuk PC IMM OKU Timur pada 8 April 2022 dengan 5 Komisariat diantaranya; Komisariat IMM An-Nafii, Komisariat IMM Djazman Al-Kindi, Komisariat IMM Al-Fazza, Komisariat IMM Ali Bin Abi Thalib (STISIP BINA MARTA), dan Komisariat IMM Abu Bakar Ash-Shiddiq (STISIP BINA MARTA) dan akhirnya resmi dilantik pada 15 April 2022. Ini merupakan generasi kedua, dengan regenerasi kepemimpinan seperti ini, semagat fastabiqul khairat untuk berjuang bersama dalam bingkai kebaikan, dan kolaborasi bersama, saya yakin akan menjadikan IMM OKU Timur progresif,” terang Prely yang merupakan Kabid. Medkom DPD IMM Sumsel itu.

Prely lanjut menuturkan, dalam kajian Buku Catatan Tinta Emas dari Narasi Menuju Aksi setidaknya ada tiga konsentrasi gerakan rekomendasi yang kini harus diutamakan oleh IMM yang disebut Tri Orientasi IMM yang merupakan konsepsi “Narasi untuk Aksi”. Ketiga hal itu fokus gerakan tersebut ialah intelektual, ekonomi dan politik.

Pertama, gerakan intelektual. Di bidang ini, IMM perlu melakukan penguatan Sumber Daya Kader (SDK) yang memiliki wawasan keilmuan yang dalam dan luas. Kedalaman dan keluasan ilmu para kader itu ditandai dengan karakter berpikir yang cerdas, berwatak pembaharu, berparadigma interdisipliner, memiliki etos belajar yang kuat seraya membangun moralitas intelektual. Sebagaimana slogan IMM “Anggun dalam moral, unggul dalam intelektual, bilahi fi sabililhaq fastabiqul khairat” maka IMM selain memperkaya khazanah keilmuan dengan bacaannya, PC IMM OKU Timur harus ada aksinya dengan mejalankan perkaderan utama, fungsional dan pendukung (tambahan). PC IMM OKU Timur harus melaksankan Perkaderan Darul Arqam Madya tingkat nasional dengan kolaborasi tentunya sehingga mampu ejawantahkan pergerakan yang masif.

Kedua, penguatan peran politik Ikatan. Sebagai bagian dari kekuatan kerakyatan, Ikatan berkepentingan melakukan penguatan peran politik di kancah regional maupun nasional. Agenda politik IMM yang dimaksudkan adalah usaha mempengaruhi kebijakan regional dan nasional dengan narasi dan wacana serta tawaran praksis yang dimilikinya. Ditengah situasi politik yang centang perenang, IMM pula berkepentingan membangun gagasan politik adiluhung yang bermakna bagi pembangunan iklim politik nasional yang berkeadaban. Maka, PC IMM OKU Timur juga sinergi dengan pemerintah guna membangun peradaban untuk kemajuan daerah yang adil dan makmur.

Ketiga, membangun kemandirian ekonomi kader. Ikatan ini berkepentingan untuk membangun aktivitas ekonomi yang produktif. Melalui fundamen ekonomi kader yang kuat maka diharapkan juga turut berpengaruh dalam kemandirian organisasi. Gerak ekonomi tersebut bisa diwujudkan dalam bentuk pembangunan dan pendampingan UMKM yang dikelola oleh IMM, perluasan literasi ekonomi dan perluasan jaringan pengusaha baik di lingkungan Ikatan maupu di luar ikatan. Maka, berdasarkan catatan yang saya ketahui IMM itu adanya Badan Usaha Milik Ikatan (BUMI) dengan konsepan ekonomi syariah, yang dalam hal ini IMM OKU Timur punya produk-produk Go Maroon yang terkonfirmasi akan di launching dalam waktu dekat, harapannya tetap menjalankan keorganisasian yang sesuai jalur dengan inklusif berkemajuan, luwesitas IMM dalam menghadapi tantangan zaman.

Kemudian Ketua Umum PC IMM OKU Timur periode 2023-2024, M. Vicky Bagas Saputra mengatakan bersyukur diberi amanah sebagai Ketua Umum, ini merupakan langkah awal insya Allah saya dan kawan-kawan pengurus akan menjalankan semua program kerja yang sudah ditentukan. Vicky dalam sambutannya berharap kepada kawan-kawan pengurus untuk lebih solid lagi, lebih progresif, dan juga dirapatkan lagi barisannya, juga tetap ber-fastabiqul Khoirot.

Ketua Umum terpilih PC IMM OKU Timur, M. Vicky Bagas Saputra saat ditemui di Sekretariat AMM OKU Timur mengatakan “Insya Allah, harapan saya dan pengurus supaya lebih baik lagi dari pengurus sebelumnya, karena kami sudah menyiapkan program kerja untuk IMM OKU Timur supaya lebih baik, maju lagi ke depannya. Tentu saja saya berharap kepada Pemerintah OKU Timur agar adanya kolaborasi antara IMM dengan Pemerintah, dalam pembanguan peradaban di Kabupaten OKU Timur ini. insya Allah jika pemerintah memerlukan bantuan kepada IMM OKU Timur kami siap kolaborasi dan mendukung penuh untuk OKU Timur lebih maju lebih mulia,” ujar Vicky pada awak media pada Ahad (31/12/2023).

“Saya dan pengurus ada sebuah gebrakan penting yaitu ingin setiap Kampus/Universitas di OKU Timur ada Komisariat IMM. Jadi, tidak hanya di STKIP Muhammadiyah OKU Timur saja tapi di Martapura ada IMM, di Sukaraja ada IMM. Insya Allah, kampus STIPER Belitang dan sekitarnya akan segera membuka komisariat IMM disana, dan IMM STISIP Bina Marta kami akan perkuat lagi,” tutupnya. (Ril IMM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *