by

Program PPM Bidang Kesehatan Untuk Percepatan Penurunan Stunting Di Desa Papaan

-Daerah-111 views

KOTABARU,kabarOne.com- Stunting merupakan masalah yang serius khususnya terhadap tumbuh kembang anak-anak. Stunting adalah kondisi ketika anak memiliki pertumbuhan tubuh yang terhambat akibat kurangnya gizi dan nutrisi selama masa pertumbuhan.

Kondisi ini dapat memiliki dampak jangka panjang terhadap kesehatan fisik, perkembangan kognitif, dan kemampuan produktivitas anak ketika dewasa.

PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin melalui program PPM bidang kesehatan memberikan bantuan dan motivasi kepada ibu-ibu yang memiliki anak terindikasi Stunting untuk melakukan monitoring dan antisipasi sejak dini kepada para anak-anaknya dengan memberikan vitamin dan makanan bergizi tinggi.

Pemberitaan vitamin melalui ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu bekerjsama Puskesmas Gunung Batu Besar dan pihak Desa serta Kecamatan yang dilaksanakan dalam jangka waktu 6 bulan memberikan motivasi dan penyuluhan tentang kesehatan kepada para ibu-ibu asuh dan ibu-ibu hamil agar memiliki anak-anak yang sehat jasmani dan rohaninya.

Program nyata yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK serta kader Posyandu, yaitu dengan memberikan vitamin dan makanan bergizi kepada mereka setiap hari dengan datang langsung ke rumah-rumah anak dan ibu hamil tersebut.

Program ini juga dilaksanakan di Balai Posyandu Desa Papaan, dihadiri oleh Superintendent Admin dan CDEA PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, kepala Puskesmas Batu Besar, perwakilan Polsek, Kepala Desa Papaan, Ibu- Ibu PKK dan balita beserta kader Posyandu.

Superintendent Admin dan CDEA PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Yudo Prakoso mengatakan, melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bidang kesehatan memberikan bantuan percepatan penanganan stunting di Desa Papaan Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru beberapa waktu lalu.

” Sasarannya untuk anak-anak balita yang terindikasi Stunting, sehingga melalui program yang sudah direncanakan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bergerak cepat melakukan monitoring, evaluasi dan pencegahan bersama Stakeholder agar tidak menimbulkan anak-anak Stunting dalam rangka menjadikan anak dan ibu hamil yang sehat jasmani dan rohaninya,” ungkapnya.

Kata Yudo, Program ini merupakan inisiatif yang dilakukan oleh PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin beserta ibu-ibu PKK dan kader Posyandu beserta Puskesmas, Desa dan pihak Kecamatan untuk membantu mengatasi masalah stunting di masyarakat.

Lebih lanjut, pemberian bantuan untuk mengatasi stunting adalah langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan perkembangan anak-anak. Bentuk bantuan yang diberikan PT Arutmin kepada balita berupa pemberian makanan tambahan (PMT) dan vitamin.

Selain memberikan bantuan PMT untuk balita, PT Arutmin juga memberikan edukasi kepada komunitas khususnya orang tua tentang pentingnya gizi yang baik dan cara memberikan vitamin dan makanan seimbang kepada anak-anak yang menjadi kunci untuk mencegah stunting.

” Kampanye edukasi gizi ini diharapkan dapat membantu orang tua dalam memahami kebutuhan nutrisi bagi anak-anak mereka,” tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *