UNNES Miliki ” Pojok Pengawasan ” Pemilu 2024

Daerah172 views

KABARONE.COM,SEMARANG- Universitas Negeri Semarang (UNNES) bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang meluncurkan “Pojok Pengawasan” sebagai salah satu pusat pengembangan ilmu dan pengetahuan demokrasi.

“Pojok Pengawasan” merupakan inisiatif Bawaslu Kota Semarang dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNNES untuk menjaga kualitas demokrasi melalui pengawasan pemilu.

“Pojok Pengawasan” akan hadir sampai April 2024 ini merupakan pojok pengawasan pertama yang hadir di perguruan tinggi di Kota Semarang sebagai media ekspresi Bawaslu untuk meningkatkan pengetahuan demokrasi, pemilu, serta pengawasan pemilu.

Pojok pengawasan ini dapat menambah pengetahuan civitas akademik UNNES dalam hal pemilu serta meningkatkan peran dalam pengawasan dalam pemilu partisipatif 2024.

Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman menjelaskan bahwa pojok pengawasan ini menjadi gate kepada mahasiswa atau penunjung dalam mengakses segala informasi tentang pengawasan pemilu. Nantinya ini menjadi ruang belajar bersama untuk mengenali dan menjadi pengawas Partisipatif dalam Pemilu 2024.

“Pojok pengawasan ini menjadi bukti bahwa Bawaslu ingin mengajak seluruh lapisan ikut berpartisipasi dalam Pengawasan Pemilu,” tegas Arief di Kampus Unnes , Gunungpati Semarang baru – baru ini.

Dirinya mengungkapkan Keterlibatan mahasiswa sebagai pengawas partisipatif menjadi stimulus yang baik agar Pengawasan Pemilu semakin kompleks diawasi oleh banyak pihak, apalagi mahasiswa yang memiliki daya pikir yang kritis.

“Saya berharap ini menjadi sarana yang bermanfaat untuk kemajuan demokrasi bangsa melalui peran Pengawasan Pemilu,” harap Arief.

Dekan FISIP UNNES Dr. Arif Purnomo menyambut baik dan mendukung penuh Pojok Pengawasan Bawaslu sebagai partisipasi dalam pengawasan pemilihan umum, sehingga proses demokrasi di Indonesia berjalan lebih transparan dan akuntabel.

Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh pojok pengawasan bawaslu ini antara lain perpustakaan analog, papan informasi, tempat yang nyaman serta materi-materi mengenai informasi, tahapan dan pengawasan pemilu yang dapat diakses oleh semua pengunjung.

Penulis. : Amr/Hms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *