by

Rehab Tahun 2022, Gedung Perpustakaan SDN 1 Mendo Barat Bermasalah, Dinas Janji Turun

-Daerah-108 views

Bangka, Kabar One. Com-Terhadap proyek rehab gedung perpustakaan Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Mendo Barat, di Desa Petaling Banjar, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka yang dikerjakan tahun 2022 juga ditemukan sejumlah masalah, baik mutu maupun teknis.

Walau jika dihitung dari habisnya masa pemeliharaan, usia rehab gedung baru sekitar 1 tahunan, namun dilapangan terlihat cat dinding gedung perpustakaan ini sudah mulai ada bagian yang rontok terkelupas.

Terkait cat rontok terkelupas ini, hal sama juga ditemukan pada proyek rehab di SD Negeri 33 Mendo Barat di Desa Air Pelempang Kecamatan Mendo Barat, sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya.

Cuma bedanya, untuk proyek rehab SD Negeri 33 Air Pelempang dikerjakan tahun 2023 dan masih masa pemeliharaan, sehingga menjadi tanggung jawab pemborong untuk memperbaikinya.

Sementara untuk SD Negeri 1 Petaling Banjar ini, selain catnya yang terkelupas, terkait teknis juga diduga bermasalah. Hal ini terlihat dari pasangan atap dibagian depan, ada yang terlihat tidak lurus, sementara atap bagian belakang terlihat lurus.

Hal-hal teknis demikian tentunya akan diperbaiki oleh pihak pemborong, jika sebelum serah terima, pihak pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka jeli, lalu mengingatkan pemborong agar memperbaikinya. Tentu publik menebak-nebak, mengapa hal tersebut kemudian bisa lolos.

Terkait sejumlah persoalan ini, Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Himawan mengatakan, untuk rehab SD Negeri 1 Petaling Banjar yang dikerjakan tahun 2022 lalu, masa pemeliharaan sudah selesai.

“Sudah selesai masa pemeliharaan selama 365 hari. “Katanya. Ketika disinggung apakah sebelum serah terima oleh pemborong kepada Dinas Pendidikan Bangka, hal-hal teknis seperti atap yang tidak lurus juga diperiksa, Himawan mengatakan sudah.

“Sudah diperiksa juga oleh kawan-kawan pengawas pada saat serah terima, “jelasnya.

Tetapi Himawan berjanji, terkait temuan ini pihaknya akan turun lapangan, dan akan dilakukan pemeliharaan.

“Nanti kita kelokasi, kemungkinan pakai anggaran pemeliharaan (dana) Bos (Biaya operasional sekolah), katanya via pesan WA Senin (22/1/2024).

Negara melalui APBN menggelontorkan anggaran sebesar 20 persen dari pagu untuk dunia pendidikan Indonesia. Mengingat besarnya anggaran tersebut yang dibagikan keseluruh daerah, pengawasan menjadi hal penting agar tidak bocor.

Dengan temuan sejumlah persoalan tersebut, sebagaimana telah diberitakan sebelum-sebelumnya, sudah seharusnya menjadi atensi Aparat Penegak Hukum (APH) di Kabupaten Bangka dan Propinsi Bangka belitung ini untuk melakukan penyelidikan, agar fasilitas yang dibangun sesuai perencanaan dan anggaran.

Sementara untuk paket rehab gedung perpustakaan SD Negeri 1 Petaling Banjar ini dari LPSE diketahui dikerjakan oleh CV Construction Line Mandiri, dengan pagu Rp 461 juta dari Dana Infrastruktur Daerah (DID) APBN tahun anggaran 2022, terdiri 2 rehab gedung perpustakan di Kecamatan Mendo Barat dan 1 di Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. (Hardi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *