Patut Dicurigai, Ada 2 Unit Kapal Isap Timah Dilepas Pantai Pulau Lepar Bangka Selatan

News373 views

Babel, Kabar One.Com-Terpantau pada Kamis (8/2/2024) dari atas salah satu kapal ro-ro tujuan Tanjung Priok ke Pelabuhan Pangkal Balam Kota Pangkalpinang Babel, terlihat dua unit kapal isap produksi (kip) timah sedang mengapung.

Kedua kapal isap timah ini tampaknya sedang mengapung lego jangkar diperairan laut lepas pantai antara Pulau Lepar dengan Pulau Liat, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka selatan.

Yaitu sekitar posisi Desa Tanjung Labu di Pulau Lepar sejajar jika ditarik garis lurus dengan Desa Pongok (pada google map, Lait) di Pulau Liat.

Walau mengapung lego jangkar, kedua unit kapal isap timah ini terlihat dari cerobong kapal mengeluarkan asap hitam, yang menandakan ada kegiatan.

Kurang jelas, apa yang menyebabkan dua unit kapal isap produksi timah ini bisa mengapung lego jangkar dilepas pantai antara kedua pulau tersebut.

Sementara jarak kedua kapal ini satu sama lain diperkirakan sekitar 1 mil lebih. Apa nama kedua kapal isap ini, juga masih diupayakan untuk diketahui.

Roni salah seorang penumpang kapal ro-ro ini, membenarkan bahwa kapal yang terpantau merupakan kapal isap timah.

“Itu kapal isap timah, mungkin kawasan laut ini adalah wilayah operasional mereka, “ujar Roni.

Terkait hal tersebut, belum didapat informasi antara laut Pulau Lepar dengan Pulau Liat ada dikeluarkan kegiatan IUP penambangan timah laut. Tentunya sejumlah pihak masih diupayakan informasinya. (Hardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *