Hankam

Ini Nama-Nama Korban Kebakaran Di Desa Geronggang, BPBD Kotabaru Akan Salurkan Bantuan

KOTABARU,kabarOne.com- Ini rilis nama-nama pemilik 10 unit rumah yang terbakar di area pemukiman warga padat penduduk yang berdempetan dengan kios dan los pasar Selasa di jalan pelabuhan RT 1 RW 1 Desa Geronggang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Selasa (27/2/2024) malam.

Kebakaran terpusat di RT 1 RW 1 Desa Geronggang, pemilik rumah diantaranya;
1. Syamsul Muhyar, 40 tahun
2. Sahdi, 55 tahun
3. Rabiansyah, 42 tahun
4. Ahmat Jurkani, 69 tahun
5. Riduan
6. H. Ipi
7. M. Yamin
8. Amrul Mutaqin
9. Hj. Mari
10. Mama Didi.

Syamsul Muhyar salah seorang Korban kebakaran mengatakan, sekitar jam 19.40 wita telah terjadi kebakaran rumah, kios dan los pasar Selasa dan diduga akibat ketidak seimbangan arus listrik dari rumah sdr. M.Yamin sehingga menimbulkan percikan api kemudian api meluas dan membesar.

“Dari peristiwa itu mengakibatkan sebanyak 10 (sepuluh) buah rumah warga, 13 (tiga belas) buah kios, dan 34 (tiga puluh empat) petak los pasar, 1 (satu) buah bangunan sarang burung walet, dan 1 (satu) buah rumah kontrakan 3 pintu,” ungkap Syamsul.

Kejadian diketahui saat ia berada di teras rumah melihat api yang diketahui berasal dari rumah sdr. M.Yamin, dimana rumah tersebut dalam keadaan kosong, kemudian api melebar ke rumah sebelahnya dan meluas ke bangunanan yang berada disekitarnya,

“Yang mana jarak antar bangunan tersebut sangat berdekatan sehingga api cepat meluas, sebagian besar bangunan yang terbuat dari bahan kayu yang mudah terbakar beserta isinya,”tambahnya.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 22.30 Wita oleh Tim Pemadam Kebakaran “Garuda” dari Desa Geronggang beserta masyarakat setempat dan Anggota Polsek Kelumpang Tengah dan TNI, dibantu oleh 2 (dua) Unit Mobil Water Truk dari PT AJL, 1 (satu) Unit Mobil Water Truk PT JBA, 1 (satu) Unit Mobil Truk Damkar PT SINARMAS, 2 (dua) Unit Alat Berat Besar, 2 (dua) Unit Alat Berat Kecil.

Atas kejadian ini korban menderita kerugian materil sekitar Rp.1.700.000.000,00 (satu milyar tujuh ratus juta rupiah) dan tidak ada korban jiwa.

Sementara itu Kepala BPBD Kotabaru Hendra Indrayana, Rabu (28/2/2024) mengatakan, penyaluran bantuan Insya Allah akan diberikan oleh Pemerintah Daerah Melalui BPBD dan dinas dinas terkait lainnya, sesuai dengan arahan Bupati Kotabaru.

Ia mengatakan, berdasarkan arahan Bupati Kotabaru pemerintah setempat akan memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (Sembako) Kepada masyarakat yang terdampak dari musibah kebakaran di Desa Geronggang.

Pihaknya juga mendapat instruksi untuk memberikan bantuan dan pelayanan secepatnya untuk masyarakat yang tertimpa bencana.

“Rencana pengiriman secepatnya, sambil kami menyiapkan bantuan, karena paket sembako yang akan diberikan kepada korban bencana kebakaran bukan barang yang bisa di stock, sehingga jika terjadi bencana maka bantuan langsung kami siapkan,” ungkapnya.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Waduk Rawa Sekaran Banyak Di Alih fungsikan, Warga Kesusahan Air

By :Amin Santoso Ketua umum Forum Kajian Informasi Strategis ( FORKAIS) Lamongan,Kabar One.com-warga Desa Sekitar…

36 mins ago

PLN IP UBP Semarang Bersinergi IZI Jateng Dalam Program Pelayanan Masyarakat di Karimunjawa

JEPARA, kabarone.com- PT PLN Indonesia Power (IP) UBP Semarang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia…

1 hour ago

Gedung Baru KPU Kotabaru Diresmikan, KPU Mampu Maksimalkan Kinerja

KOTABARU,kabarOne.com- Gedung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru diresmikan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H…

5 hours ago

Putusan Pengadilan Cederai Rasa Keadilan Mantan Direktur PT.Blue Bird Dihukum Denda Pembayaran Beranak Cucu

Jakarta ,Kabarone.com,-Psikolog dr Mintarsih Abdul Latief, bagaikan menelan pil pahit, lantaran dihukum membayar denda, agar…

6 hours ago

Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru, Kasatreskrim Terima Piagam Apresiasi

KOTABARU,kabarOne.com- Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan berikan piagam apresiasi kepada Tim Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru bertempat…

6 hours ago

Penuhi Janji, Wabub Kotabaru Serahkan Beasiswa Untuk Warga Desa Langadai

KOTABARU,kabarOne.com- Dua kakak beradik, Miftahul Alpirania (14) dan Ahmad Paisal Ajni (12) warga Desa Langadai…

7 hours ago