BPJS Tidak Profesional Pasien RS Mitra Keluarga Kalideres Harus Nunggu 3,5 Jam Ambil Rujukan

Hukum409 views

Jakarta Kabarone.com,-Badan Pengelola Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS), dinilai tidak profesional dan telah menelantarkan pasien pengguna kartu Kesehatan BPJS yang berobat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres.

Pasalnya, para pasien yang berobat ulang (kontrol) sudah selesai diperiksa dokter, seperti biasanya langsung diberikan surat rujukan. Namun, bulan ini harus menunggu berjam jam hanya untuk mengambil surat rujukan berobat kembali dari loket pelayanan Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres. Sehingga BPJS dan manajemen Rumah Sakit Mitra dinilai telah membuat para pasien resah karena terlalu lama menunggu.

Para pasien dan keluarganya pun menuding pelayanan manajemen Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat hanya mengambil keuntungan dari pasien BPJS tidak seimbang dengan peningkatan pelayanan. Pihak Rumah Sakit tidak menyadari bahwa, pasien atau keluarganya yang menunggu surat rujukan tersebut masih ingin melaksanakan aktifitasnya alias kerja.

Oleh karena itu, pelayanan untuk pengguna Kartu BPJS, terkesan ditelantarkan. Pasien yang sudah selesai diperiksa dokter biasanya langsung diberikan surat rujukan untuk kembali berobat sesuai hasil rekam medis yang disampaikan dokter.

Namun, peraturan Rumah Sakit berubah ubah yang membuat pasien kebingungan. Para pasien harus menunggu jam buka operasional loket pemberian surat rujukan jam 13.00 wib.

Pihak Rumah Sakit membuat plang bertuliskan jam operasional buka jam 13.00 wib. Pada hal para pasien sudah selesai diperiksa dokter jam 9.30 wib. Sehingga pasien atau keluarga pasien yang akan mengambil surat rujukan harus menunggu sampai 3,5 jam, bahkan lebih.

Berkaitan dengan hal tersebut, Musna, petugas informasi Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, memberikan keterangan, bahwa jam buka operasional loket pemberian surat rujukan merupakan keputusan dari BPJS. Sebab saat ini BPJS sudah online, sehingga data dari dokter online ke BPJS.

“Semua Rumah Sakit sudah begitu, baik swasta RSUD sudah online dengan BPJS, itu keputusan BPJS, sudah ditentukan buka Jam satu siang sampai jam 4 sore”, ucapnya, 7/3/2024.

Saat ditanya, apa kaitannya surat rujukan dengan BPJS, Musna mengatakan, karena sudah online antara rumah sakit dan pihak BPJS, ujarnya.
Menyikapi hal tersebut, pihak BPJS, belum bisa di klarifikasi.

Sementara, masyarakat, atau pasien yang berobat di Rumah Sakit Mitra Kalideres, menyampaikan sangat kecewa dengan pelayanan Rumah Sakit Mitra Kalideres, sebab pasien hanya mau ambil surat rujukan harus ada intervensi BPJS. Pasien sangat meragukan hal tersebut dan menuding bahwa pelayanan Mitra Keluarga Kalideres tidak profesional terhadap pasien pengguna BPJS, ungkapnya.
Menyikapi hal tersebut pihak BPJS belum memberikan keterangan.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *