BPJS Bantah Atur Jadwal Buka Tutup Loket Pelayanan RS Mitra Keluarga Kalideres

News191 views

Jakarta Kabarone.com,-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, membantah ikut mengatur jam buka tutup loket pelayanan di seluruh Rumah Sakit (RS) wilayah Jakarta Barat, termasuk loket pelayanan RS Mitra Keluarga Kalideres.

Pihak BPJS selalu mengingatkan dan memberikan sosialisasi ke seluruh RS yang bekerjasama dengan penyelenggara jaminan kesehatan, baik RS swasta atau negeri supaya memberikan pelayanan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baik dan memadai kepada masyarakat. Pernyataan dan bantahan tersebut disampaikan Suci Amaliah, Kepala Bagian SDMUK BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, bersama staf bagian SDMUK, Aulia Alyssa, pada media ini, 8/3/2024.

Pihak BPJS menyampaikan, tentang buka dan tutup loket pelayanan pengambilan surat janjian atau rujukan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, bukan urusan dan tanggung jawab penyelenggara BPJS. Pihak BPJS berkomitmen dan selalu melakukan sosialisasi kepada seluruh RS yang ada di wilayah Jakarta Barat termasuk RS Mitra Keluarga Kalideres supaya membuat pelayanan yang mudah, tidak mempersulit masyarakat serta pelayanan yang cepat.

Oleh karena itu Suci Amaliah menjelaskan, tidak pernah membuat aturan di loket pelayanan RS Mitra Keluarga Kalideres, supaya buka beroperasi jam 13.00 wib hingga jam 16.00 wib, itu bukan rekomendasi dari BPJS”, ungkapnya melalui telepon kepada media Kabarone,com.

Untuk diketahui : Adanya pernyataan dan bantahan yang disampaikan Kepala Bagian SDMUK, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, berkaitan dengan statement pihak RS Mitra Keluarga Kalideres kepada pasien yang berobat tanggal 7/3/2024, terkait loket pelayanan pengambilan surat rujukan di RS Mitra Keluarga Kalideres, yang buka jam 13.00 wib sampai jam 16.00 wib. Pihak RS Mitra Keluarga Kalideres dinilai telah menyengsarakan para pasien JKN, sebab harus mengular antri menunggu loket pengambilan rujukan yang dijadwalkan buka jam 13.00 wib. Pasien yang sudah lansiapun dilarang duduk dilantai oleh Security. Bahkan pasien dikurung menggunakan garis pembatas terkesan bagaikan hewan.

Terkait kejadian tersebut dan statement atau pernyataan dari pihak RS Mitra tersebut telah dimuat dalam pemberitaan media online Kabarone.com, berjudul “BPJS Tidak Profesional Pasien RS Mitra Keluarga Kalideres Harus Nunggu 3,5 Jam Ambil Rujukan”, tayang pada 7 Maret 2024.

Musna bagian informasi RS Mitra Keluarga Kalideres saat memberikan keterangan 7/3/2024, kepada pasien BPJS menyampaikan, jam buka operasional loket pemberian surat rujukan merupakan keputusan dari BPJS. Sebab saat ini pelayanan JKN BPJS sudah online data dari dokter ke BPJS. “Semua Rumah Sakit sudah begitu, baik swasta RSUD sudah online dengan BPJS, itu keputusan BPJS, sudah ditentukan buka Jam satu siang sampai jam 4 sore”, ucap Musna, 7/3/2024.

Menyikapi pelayanan yang diberikan penyelenggara BPJS, Suci Amaliah menyampaikan, pihaknya telah menghimbau dan memberikan sosialisasi atau pertemuan rutin dengan pihak RS wilayah Jakarta Barat, termasuk RS Mitra Kalideres, tentu kami juga menjelaskan prosedur yang diberlakukan untuk peserta JKN/BPJS.

Seperti saya sampaikan, tidak ada jam pelayanan untuk peserta JKN (seperti yang dipahami jam buka loket pukul 13.00 wib ). Hal ini menjadi perhatian kami untuk mengingatkan kembali ke seluruh RS untuk memperjelas setiap informasi yang diberikan ke peserta JKN.

Jika ada kendala yang dialami peserta JKN selama di RS kami bantu ingatkan kembali, ada petugas BPJS Kesehatan yang bisa di hubungi dengan nomor whatsapp yang tertera di poster dan disebar di beberapa titik di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres.

Berkaitan dengan prosedur yang mungkin masih diterapkan oleh setiap RS, bagi setiap pasien JKN yang akan berobat atau kontrol harus melampirkan kartu BPJS. Hal itu menurut Suci Amaliah tidak relevan lagi, pihak BPJS telah menginformasikan untuk peserta JKN sejak tahun lalu sudah bisa berobat hanya dengan menunjukan NIK saja, tanpa membawa kartu BPJS pasien sudah bisa langsung berobat”, ucapnya menegaskan.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *