Cara Tarik Minat Wisatawan Berkunjung Ke Kotabaru, Festival Gebyar Pesona Ramadhan 1445H Digelar

Daerah56 views

KOTABARU,kabarOne.com- dalam rangka memeriahkan Bulan Cuci Ramadhan Pemkab Kotabaru menggelar Festival Gebyar Pesona Ramadhan 1445 Hijryah 2024.

Kegiatan ini salah satu cara untuk menarik minat wisatawan dalam berkunjung ke Kabupaten Kotabaru, dan di buka langsung oleh Setda Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, M.M yang berlangusng di Panggung Apung Siring Laut, Minggu (17/03/2024).

Festival Gebyar Pesona Ramadhan 2024 merupakan event promosi pariwisata dalam momentum Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijryah yang digelar melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru.

Dengan melibatkan para pelaku Ekraf subsektor yang menjadi binaan Disparpora dan partisipasi dari Dewan Kesenian Kotabaru, DPC PAPPRI Kotabaru dan Komunitas-komunitas kreatif yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Adapun dalam Festival Gebyar Pesona Ramadhan 2024 ini digelar berbagai lomba, diantaranya gelar seni nuansa islami, lomba lagu religi, lomba iman dan taqwa kepemudaan, lomba desain parcel lebaram, lomba fashion berbahan kain perca, lomba foto pesona ramadhan.

Selain itu juga ada lomba tari rudat, maulid habsy bahkan ada zona kopi ramadhan dan bazar murah.

Sambutan Bupati Kotabaru yang dibacakan Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM saat meresmikan Festival Gebyar Pesona Ramadhan 1445 Hijryah ini menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Bulan Suci Ramadhan dengan kegiatan nuansa islami.

Kami menyambut baik dengan terselenggaranya event gebyar pesona ramadhan tahun 2024 yang menampilakn berbagai kegiatan positif, kreatif, dan edukatif ini.

“Festival gebyar ramadhan merupakan inisiatif yang baik untuk mengisi bulan ramadhan dengan berbagai aktivitas positif yang memiliki nilai kebaikan dan ibadah sehingga keutamaan dan keistimewaan bulan ramadhan tidak berlalu begitu saja,” jelas Sekda.

Sebagai umat muslim sudah sewajarnya kita menyambut bulan ramadhan dengan penuh suka cita dan mengisinya dengan berbagai positif yang akan menambahkan semarak bulan suci ramadhan, salah satunya dengan kegiatan event gebyar pesona ramadhan 1445 hijryah ini.

Selain itu, Sekda juga menyampaikan, penyelenggaraan event gebyar pesona ramadhan ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazar UMKM dan lomba bernuansa islami .

“Lomba-lomba yang dilaksanakan pada event ini mengandung nilai-nilai dakwah sehingga secara tidak langsung menyebarkan syiar islam yang rahmatan lil al-amin,” bebernya.

Oleh karena itu, saya berharap melalui event gebyar pesona ramadhan 1445 hijryah ini akan makin menumbuhkan minat para generasi muda untuk mengenali nilai-nilai dan ajaran islam serta semakin cinta al-qur’an sebagai bekal dalam menatap masa depannya.

“Kepada seluruh masyarakat saya berpesan untuk dapat memanfaatkan berbagai kegiatan yang ditawarkan dalam festival gebyar pesona ramadhan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kotabaru Sonny Tua Halomoan,ST. ME memaparkan, panggung apung tempat terselanggaranya kegiatan ini merupakan inisiasi Bupati Kotabaru, dan ini merupakan satu-satunya yang ada di Kalimantan Selatan.

“Pada kesempatan ini kita berada di panggung yang megah, yang mana panggung ini adalah inisiasi dari Bupati Kotabaru untuk menambah daya tarik wisatawan yang datang ke Kabupaten Kotabaru dan tentu saja panggung ini menjadi kebanggaan bagi kita semua, yakni panggung di atas laut ini hanya ada satu-satunya di Kalimantan Selatan,” papar Sonny.

Festival gebyar pesona ramadhan ini juga diharapkan dapat menumbuh kembangkan pertumbuhan ekonomi daerah Kotabaru.

“Dari berbagai macam lomba yang kita selenggarakan akan mengembangkan komunitas dan potensi pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Kotabaru serta menjadi hiburan dan daya tarik bagi pengunjung wisata yang ingin berkunjung ke Kotabaru, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuham ekonomi daerah,” harapnya.

Dalam pembukaan festival gebyar pesona ramahdan 1445 Hijryah/ 2024 masehi ini dibuka dengan di tandai pemukulan bedug oleh Sekretaris Daerah Kotabaru bersama Forkopomda Kotabaru.

Diakhir kegiatan, Ketua TP PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar bersama Ketua DWP Kotabaru Hj. Yulianti Zairina Said Akhmad dan tamu undangan lainnya melakukan kunjunga ke stand-stand subsektor kuliner sekaligus menggratiskan semua stand kuliner untuk dinikmati masyarakat.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *