Kalahkan Bupati Kendal di PTUN, Kades Minta BPN Kembalikan Tanah Pengganti Menjadi Tanah Kas Desa

Hukum163 views

SEMARANG,kabarone.com – Sengketa tukar menukar tanah kas desa Botomulyo, Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal menemukan titik terang. Majelis hakim pengadilan PTUN Semarang telah mengabulkan gugatan Kepala Desa terhadap Bupati Kendal yang membatalkan tukar menukar atau tukar guling tanah kas desa dengan tanah milik perorangan.

Law Office Karman Sastro & Partner dipercaya oleh Kepala Desa Botomulyo untuk melakukan gugatan ke PTUN Semarang. Karman Sastro Ketua Tim Hukum menuturkan, pihaknya melayangkan gugatan terhadap Bupati Kendal ke pengadilan PTUN karena telah menerbitkan Surat Kepurusan No:356/114/Ks/Insp tertanggal 16 Juni 2023.

” Bupati Kendal kita gugat ke pengadilan PTUN karena telah menerbitkan Surat Kepurusan No:356/114/Ks/Insp tertanggal 16 Juni 2023 yang pada subtansinya membatalkan tukar menukar tanah kas desa Botomulyo. Akibat dari penerbitan ini, seluas kurang lebih 3,2 hektar tanah sawah tak dapat dibalik nama menjadi tanah kas pemerintah desa Botomulyo. Sementara itu, bekas tanah kas desa Botomulyo seluas 1,6 Hektar sudah beralih nama pihak lain,” beber Karman, Kamis (21/3/2024).

Dirinya selaku kuasa hukum, pada hari ini (21/3) telah mendapatkan putusan yang disampaikan oleh Pengadilan PTUN melalui ecort.

” Dalam putusan perkara No 67/G/2023/PTUN.SMG tersebut, Mejelis hakim talah mengabulkan gugatan yang amar putusanya menegaskan batal dan tidak sah secara hukum Surat Keputusan Bupati Kendal No:356/114/Ks/Insp tertanggal 16 Juni 2023. Selain itu, Bupati Kendal diperintahkan untuk mencabut kembali atas pembatalan tukar menukar,” terangnya.

Mantan aktifis YLBHI – LBH Semarang ini memberikan apresiasi terhadap pengadilan yang telah memutus perkara karena telah menempatkan keadilan bagi pemerintah desa. ” Kita mampu membuktikan jika SK Bupati Kendal tentang pembatalan tukar menukar cacat hukum dan melanggar Undang-Undang,” tegas dia.

AMR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *