Mudik Lebaran, Ditlantas Polda Jateng Berlakukan One Way Nasional dan Pembatasan Kendaraan Sumbu Tiga

Hankam202 views

SEMARANG,kabarone.com – Ditlantas Polda Jateng mulai menyiapkan pemberlakuan sistem one way nasional dalam menghadapi arus lalu lintas mudik balik lebaran 2024.
Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan dalam mempersiapkan arus mudik tersebut sudah menyiapkan langkah-langkah dan melaksanakan koordinasi serta komunikasi dengan seluruh stakeholder.

“Salah satunya yakni menghadapi Operasi Ketupat Candi 2024 melakukan leading sektor dan sudah melaksanakan survei lapangan, bahkan beberapa rekayasa lalu lintas juga sudah dilaksanakan,” ungkapnya, kepada kabarone com usai berbuka di Jalan Pandanaran, Semarang, Rabu (20/3/2024).

Dirinya menjelaskan bahwa pemberlakuan one way nasional arus mudik dan balik lebaran tahun ini sudah terjadwal.
Rencana arus one way akan dilaksanakan mulai tanggal 5 April pukul 14.00, sampai tanggal 7 April pukul 12.00 tahun 2024.
Kemudian tanggal 8 April akan dimulai jam 08.00 pagi sampai jam 12 malam, sampai dengan tanggal 9 April. Sedangkan arus balik akan dimulai tanggal 12 April untuk one way, sampai tanggal 16 April 2024.

“Ini perlu disampaikan kepada masyarakat, yang dari wilayah barat menuju ke timur. Bahwa arus mudik one way akan dimulai tanggal 5 April jam 2 siang. Sampai dengan tanggal 10 April. Kemudian arus dari timur menuju barat, akan dimulai tanggal 12 – 16 April. Alasan penjadwalan, itu berdasarkan hasil kajian daripada Kementerian Perhubungan dan juga kepolisian dan stakeholder terkait, mengingat di tanggal 10 April itu adalah puncak arus daripada libur lebaran,” beber Dirlantas.

Sonny juga menyebut bahwa Jawa Tengah memiliki lima jaringan jalan, yakni Jalan Pantura, Tol, Tengah, Selatan dan Selatan-Selatan yang merupakan akses utama penghubung antar wilayah, yang juga menjadi jalur mudik maupun arus balik.
“Itu tetap menjadi perhatian kita bersama dalam rangka memberikan kelancaran pemudik di tahun 2024 ini. Khusus untuk di wilayah Jalan Tol telah keluar Surat Keputusan Bersama (SKB). SKB, yang mengatur tentang pembatasan operasional kendaraan sumbu tiga,” sebutnya.

Dirlantas menjelaskan bahwa pembatasan sumbu tiga juga akan berlaku mulai tanggal 5 hingga 16 April 2024 di jalan tol Trans Jawa dan sejumlah ruas jalur arteri di Jawa Tengah. Selama periode ini, kendaraan sumbu tiga dilarang melintas di beberapa ruas tol dan jalur arteri tertentu.

Sejumlah ruas jalan yang dimaksud yaitu ruas jalan tol Trans Jawa mulai Pejagan hingga Sragen, Ruas Arteri Pantura hingga Demak dan Jalur Tengah hingga Purwokerto.
“Kami mengharapkan agar seluruh pengusaha angkutan barang dan pemilik truk memahami dan mensosialisasikan pembatasan ini kepada seluruh pihak terkait,” ungkapnya.

Pihak kepolisian juga akan melakukan tindakan preemtif, preventif, dan penindakan sesuai dengan hukum bagi mereka yang melanggar aturan tersebut. Tilang akan diberlakukan bagi kendaraan yang masih beroperasi selama periode pembatasan.
Meski demikian, kendaraan pengangkut BBM dan bahan kebutuhan pokok masyarakat masih diizinkan melintas dengan syarat memiliki Surat Izin Jalan yang sah.
Selain pembatasan kendaraan sumbu tiga, Polda Jateng juga akan menerapkan sistem One Way bersistem ganjil genap. Sistem ini akan berlaku mulai tanggal 5 hingga 16 April 2024, dengan jadwal yang telah ditentukan untuk arus mudik dan balik

“Bagi masyarakat dari Semarang yang akan ke Jakarta agar dipersiapkan karena tanggal 5 jam 2 siang jalan tol akan full digunakan untuk One Way dari Jakarta. Silahkan menggunakan jalur arteri untuk menuju ke barat,” tandasnya.

Berikut Jadwal pemberlakukan sistem One Way

Tanggal 5 April jam 14.00 berlaku One Way Nasional arus mudik yang berlangsung nonstop selama 24 jam hingga tanggal 7 April 2024.

Di tanggal 8 dan 9 April, One Way dimulai jam 8 pagi hingga 12 malam.
Di tanggal 11-13 April 2024 mulai diberlakukan One Way arus balik menuju Barat mulai Tol Kalikangkung hingga Tol Cikatama. Di tanggal tersebut One Way berlaku jam 8 pagi hingga 12 malam.

Sedangkan saat puncak arus balik di tanggal 14 mulai jam 14.00 WIB akan diberlakukan full One Way arus balik dari Kalikangkung menuju Jakarta selama 24 jam hingga tanggal 16 April 2024..

AMIR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *