KPU Tetapkan Pemenang Pilpres Relawan AAIB dan RAPI Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Hukum66 views

Jakarta Kabarone.com,-Pasca pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang menetapkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilu Presiden 2024, sejumlah relawan pemenangan mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming alias Raka.

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri, Paslon Prabowo-Gibran ditetapkan sebagai pemenang terhadap dua Paslon Anies – Muhaimin dan Ganjar- Mahfud MD.

Priyagus Widodo SH, yang tergabung dalam tim relawan Prabowo Gibran, yang tergabung dalam relawan Aliansi Advokat Indonesia Bersatu (AAIB) dan Relawan Pimpinan Indonesia (RAPI), menyampaikan “Selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran.

Priyagus Widodo menyampaikan, Prabowo-Gibran yang telah meraih jumlah suara sebanyak 58,59%, sebenarnya sudah kami perkirakan sejak awal sesuai data hasil survei dari beberapa Lembaga Survei yang independen dan kredibel, karena hasil perhitungan suara oleh lembaga lembaga survei tersebut tidak jauh berbeda dengan hasil penghitungan suara melalui Quick Count dan perhitungan hasil suara Real Count oleh KPU.

Sementara terhadap kubu Paslon 01 dan 03, dan para pendukungnya diharapkan agar legowo. Namun jika tidak terima dengan hasil Rekapitulasi Pilpres dari KPU, silahkan menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Demikian juga kalaupun ada wacana dari Partai Partai koalisi pengusung Paslon 01 dan 03, yang berencana gunakan hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan pelaksanaan Pemilu, hal ini tidak akan menganulir Putusan atau Ketetapan KPU yang menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres dan menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024 lima tahun ke depan.

“Semua pihak dan komponen masyarakat harus menghormati hasil Pemilu dengan mengedepankan persaudaraan, perdamaian, kerukunan, suasana yang kondusif agar masyarakat dapat kembali bekerja lagi dengan normal”, ucapnya.

Berdasarkan hasil penetapan KPU bahwa pasangan Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengantongi 40.971.906 suara atau sekitar 24,95 persen dari seluruh suara sah nasional dan Capres-Cawapres 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat suara 27.040.878 atau sekitar 16,47 persen dari seluruh suara sah nasional.

Oleh karena itu, pasangan Prabowo-Gibran di atas kertas memenangi Pilpres 2024 dengan satu putaran, ungkapnya 21/3/2024.

Berkaitan dengan dugaan kecurangan Pemilu yang telah didaftarkan tim kuasa hukum Paslon 01, ke MK hari ini 21/3/2024, menurut Priyagus Widodo hal itu sah sah saja.

“Seluruh warga negara dan partai politik yang akan menempuh upaya hukum tidak boleh dihalangi pihak manapun. Hal itu sah sah saja, dan merupakan bahagian dari terlaksananya demokrasi di NKRI ini”, ucap Priyagus Widodo, 21/3/2024.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *