Daerah

Musrenbang 2024 Digelar oleh Pemkab Kotabaru, 6 Kecamatan Terbaik Dalam Pelaksanaan Musrenbang

KOTABARU,kabarOne.com- Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025. Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar Musrenbang tahun 2024.

Dengan mengangkat tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Menunjang Pembangunan Infrastruktur dan Pariwisata”.

Hadiri Kepala Bappeda Prov Kalsel Dr. Ir. Ariadi Noor, M. Si secara virtual, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Prov KalSel Hj. Nurul Andini, SKM.M. Kes Forkopimda Kotabaru, Kepala SKPD Lingkup Kotabaru, dan Camat Se- Kabupaten Kotabaru.

Musrenbang digelar di Ruang Rapat BAPPEDA Zona Kolaborasi Lantai 3 di Komplek Perkantoran Sebelimbingan, Kamis (28/03/2024).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru Drs. H. Minggu Basuki, M. AP membacakan sambutan tertulis Bupati Kotabaru mengatakan, Musrenbang tingkat Kabupaten ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Selanjutnya undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengelolaan dan Evaluasi, Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD. RPJMD serta tata cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Pada hari ini kita melaksanakan Musrenbang Kabupaten Kotabaru sebagai salah satu tahapan dalam menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kotabaru 2024,”ujarnya.

Acara ini merupakan langkah penting dalam Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kotabaru Tahun 2025 dengan tema ” Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Menunjang Pembangunan Infrastruktur dan Pariwisata, yang mana tema ini mencerminkan komitmen kita untuk membangun Kabupaten Kotabaru menjadi Daerah yang maju, mandiri, dan berdaya saing.

“Dan perlu kita ketahui, peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah kunci utama dalam pembangunan, tanpa SDM yang berkualitas, pembangunan infrastruktur dan pariwisata tidak akan berjalan maksimal, maka perlu bekerjasama dan kolaborasi untuk menciptakan lingkungam yang kondusif bagi peningkatan kualitas DSM,” tambahnya.

Pembangunan Infrastruktur dan Pariwisata juga menjadi prioritas kita. Infrastruktur yang baik akan mendukung mobilitas dan aktivitas masyarakat, sedangkan pariwisata yang berkembang akan membuka peluang ekonomi baru dan meningkatan pendapatan Daerah.

Namun, semua ini tidak akan terwujud tanpa partisipasi dan dukungan dari semua pihak.

Selain itu, juga mengajak semua elemen masyarakat untuk bepartisipasi aktif dalam proses pembangunan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kotabaru menjadi Daerah yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, S. Sos mengapresiasi Kegiatan Musrenbang 2024 Dalam RKPD Kotabaru tahun 2025.

“Pokok-pokok pikiran Dewan mengarahkan dan memfokuskan upaya pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Kotabaru melalui perencanaan dan pengangraraan APBD, mengarahkan penyusunan kebijakan dan program pembangunan sesuai dengan RPJPD dan RPJMD untuk mewujudkan aspirasi masyakat Kabupaten Kotabaru dalam pelaksanaan pembangunan melakukan fungsi peresentasi DPRD Kabupaten Kotabaru. Dan DPRD sangat mengapresiasi tema yang diusung pada musrenbang kali ini,” ungkapnya.

Dan dalam laporan penyelenggara Sekretaris Bappeda Kotabaru M. Zuhriansyah, S. IP. M. IP menjelaskan, Kegiatan ini diikuti 113 undngan dan pada Musrenbang kali ini juga akan disampaikan penilaian terhadap penyelenggaraan Musrenambang RKPD di Kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2025.

“Adapun kriteria kelengkapan admintrasi sebagai berikut, 1. Desa/Kelurahan melakukan input usulan di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan semua usulan sudah dilengkapi dokumen pendukung.

2. Penyampaian kelengkapan administrasi sesuai form yang sudah disediakan (K1- K6) serta ketepatan waktu penyampaian ke Bappeda, 3. Keterwakilan semua stakeholder dalam peserta Musrenbang RKPD di Kecamatan,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan kepada 6 terbaik untuk Kecamatan dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tahun 2024; yaitu terbaik 1 Kecamatan Pulau Laut Barat, terbaik 2 Kecamatan Hampang, terbaik 3 Kecamatan Pamukan Barat, sedangkan Harapan 1 Kecamatan Pulau Laut Selatan, Harapan 2 Kecamatan Pulau Laut Tengah dan Harapan 3 Kecamatan Sungai Durian yang diserahkan langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru bersama Ketua DPRD Kotabaru.

Selain itu, 22 Kecamatan yang ada di Lingkup Kabupaten Kotabaru diberikan penghargaan untuk penyelenggaran Musrenbang Tahun 2023.

Setelah Pembukaan Musrebang 2024 RKPD Tahun 2025, Asisten 1 bersama Ketua DPRD DMdan seluruh peserta meninjau stand UMKM yang disediakan dalam rangka meningkatkan dan menggerakkan roda perekomian Kabupaten Kotabaru.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Ditinggal Kerja, Rumah Ludes Terbakar; Policeline Terpasang

KOTABARU,kabarOne.com- Diduga akibat korsleting listrik, sebuah rumah ludes terbakar di Desa Gunung Sari, RT 006…

11 hours ago

RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati…

11 hours ago

Inspektorat Kabupaten Lamongan Sidak Rutin Di 6 Desa Kecamatan Sugio

LAMONGAN, Kabar One.com- Tim Inspektorat Pembantu (Irban) wilayah Kabupaten Lamongan segera memeriksa 6 (enam) Kepala…

2 days ago

Antisipasi Banjir, Camat Gambir Pimpin Gerebek Lumpur RW 02 di Kel Petojo Utara

JAKARTA, Kabar One.com : Dalam rangka mengantisipasi banjir saat memasuki musim penghujan, Pemprov DKI Jakarta…

2 days ago

PN Jakarta Utara Sidangkan Perkara Penipuan dan TPPU Bisnis Cangkang Kelapa Sawit Terdakwa TM Hawari Cs

Jakarta, Kabarone.com,-Terdakwa TM Hawari yang didakwa bersama-sama dengan Ir. Dwi Dharma Sugari, Candra Setiawan (sidang…

2 days ago

Waka Komisi III DPR RI, Kunker Pengadilan Tinggi makasar

Jakarta, KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.Hum. mengharafkan Komisi III…

2 days ago