Kajian Ramadan dan Buka Bersama PRPM Solokuro

Ragam135 views

LAMONGAN, KabarOne.com – Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PRPM) Solokuro menggelar Kajian Ramadan dan Buka Bersama. Acara yang diselenggarakan di Aula Perguruan Muhammadiyah Solokuro pada hari Sabtu (6/4/2024) merupakan upaya untuk memperkuat silaturahim.

Pada kesempatan tersebut, pemateri Shofan Hariyanto, M.Pd, seorang pendidik yang telah lama terlibat dalam pengembangan literasi. Dalam paparannya, ia menyoroti peran penting literasi dalam menghadapi tantangan informasi hoax yang semakin meresahkan masyarakat.

“Dalam era di mana informasi tersebar dengan cepat melalui berbagai platform digital, literasi menjadi kunci utama untuk menghadapi arus informasi yang tidak selalu benar. Kita harus melawan hoax dengan menyebarkan informasi yang benar dan valid,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya bertabayyun (memverifikasi) sebelum menyebarkan suatu informasi. “Maka kita harus bertabayyun terlebih dahulu terhadap berita yang kita terima, jangan langsung dishare tanpa dipastikan kebenarannya,” tambahnya.

Selain itu, dalam konteks memanfaatkan kemajuan teknologi, ia mengajak peserta untuk memanfaatkan era digital dengan bijak. “Kita harus bisa memanfaatkan abad 21 ini dengan menjadi content creator, menghasilkan konten yang edukatif, dan bahkan memanfaatkan platform online untuk kegiatan jual beli,” jelasnya.

Acara ini dihadiri dengan antusias oleh para anggota PRPM Solokuro. Mereka menyambut baik paparan Shofan Hariyanto dan berharap dapat menerapkan pemahaman yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. (Fathan Faris Saputro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *