Daerah

Safari Ramadhan Bupati di Kelumpang Utara-Tengah, 7 Unit Rumah Tidak Layak Huni Untuk Desa Geronggang

KOTABARU,kabarOne.com- Setelah melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Pulau Sebuku, dihari yang sama Bupati Kotabaru dan rombongan langsung meluncur untuk melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Kelumpang Utara dan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Sabtu (6/4/2024) yang berlangsung di samping Masjid Al- Hidayah Desa Pudi Sebrang.

Sedangkan di Kecamatan Kelumpang Utara Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH beserta rombongan melaksanakan Safari Ramadhan sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang berlangsung di samping Masjid Al-Hidayah Desa Pudi.

Kegiatan Safari Ramadhan sekaligus penyerahan bantuan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten kotabaru ini sangat istimewa, karena begitu banyak bantuan yang disalurkan kepada masyarakat.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesbangpol Kotabaru Hj. Melinda, S. STP mengatakan, bantuan dari Dinas Sosial berupa permakanan lansia untuk 3 orang, PKH 57 KPM, bantuan sembako atau BPNT untuk 150 KPM, Dinas Pertanian berupa bantuan pangan beras 153 KK (1.530 kg).

Dinas Kesehatan bantuan berupa makanan kesehatan untuk 10 paket ibu hamil, 10 paket balita dan 10 paket remaja putri, Dari Dinas PP, PA, PP dan KB bantuan untuk anak baduta beresiko stunting 3 orang, Dinas Pendidikan bantuan sarpras bidang pendidikan jenjang SD yaitu, SDN Pudi, SDN Tj. Mahkota Sulangkit, sedangkan untuk SMP bantuan Sarpras untuk SMPN 1 Kelumpang utara, untuk jenjang PAUD bantuan Sarpras untuk TK. Negeri Pembina Kelumpang Utara.

Dinas Perkim bantuan rumah tidak layak huni Desa Sei Seluang 10 unit, Desa Wilas 3 unit. Dinas Perikanan bantuan Hibah 1 paket alat tangkap untuk KUB Kayuh Baimbai Desa Pudi Seberang Kecamatan Kelumpang Utara, Bantuan Hibah 1 paket alat tangkap untuk KUB Rajungan Desa Pudi Kecamatan Kelumpang Utara.

Sementara Bagian Kesra bantuan untuk langgar Darul Aman Desa Pudi Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah), Majelis Darul Aman Desa Pudi RT. 01 sebesar Rp. 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah), Masjid Miftahul Jannah Desa Sei Seluang sebesar Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah).

“Bantuan ini diharapkan dapat tepat sasaran sesuai yang diharapkan Bupati Kotabaru,” tambahnya.

Kami juga berharap kepada jajaran Forkopimca khususnya Camat, Danramel, Kepala Desa dan para RT bahwa dalam menerima bantuan ini yang terpenting adalah tepat sasaran, penentuan tepat sasaran itu kita perlu kerja sama khususnya juga kepada masyarakat untuk melaporkan setiap bulan secara berkala data DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial) yang merupakan data induk dari penerima-penerima bantuan.

“Tujuannya agar tepat sasaran sesuai kriteria dan dilaporkan ke RT serta Desa dan selalu di validasi atau diverifikasi oleh Camat yang disaksikan oleh Forkopimca lainnya. Karena bantuan ini yang terpenting adalah tepat sasaran dan ini juga harapan Bupati terhadap masyarakat Kecamatan Kelumpang Utara khususnya dan Kabupaten Kotabaru pada umumnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru H. Selamat Riyadi mewakili Bupati Kotabaru menjelaskan, Sektor Wisata di Kotabaru mengalami kemajuan yang signifikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru dalam mendukung visi- misi Bupati Kotabaru juga terus meningkatkan Sumber Daya Manusia.

“Sektor pariwisata banyak tempat-tempat wisata yang menjadi unggulan di Kabupaten Kotabaru dan Kami dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam menunjang visi-misi Bupati Kotabaru terus berpacu untuk meningkatkan sumber daya manusia,”jelasnya.

Bupati Kotabaru dari awal hingga menjabat sangat memperhatikan terhadap kesejahteraan para guru, termasuk guru-guru Non PNS, dan tahun ini ada kenaikan yang signifikan untuk penerima insentif daerah.

“Tahun lalu mereka mendapatkan insentif kurang lebih Rp. 900.000 (sembilan ratus ribu rupiah) di tahun 2023 menjadi menjadi 1.500.000 (sejuta lima ratus ribu rupiah) dan langsung diterima 3 bulan, dari Januari, Februari, Maret dan setelah lebaran nanti dapat lagi untuk bulan April,”bebernya.

Sementara itu, di Kecamatan Kelumpang Tengah Safari Ramadhan di laksanakan di halaman Kantor Kecamatan Kelumpang Tengah.

Inspektur Kotabaru H. Ahmad Fitriani, SH. M. Hum menyampaikan, Bupati Kotabaru sudah melaksanakan Safari ramadhan di 13 Kecamatan untuk bersilaturahmi dan melihat langsung masyarakat yang ada di Kecamatan.

“Bupati Kotabaru dalam melaksanakan Safari Ramadhan juga salah satu upaya Bupati untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat dan apa saja yang diperlukan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, selama ini Bupati Kotabaru sudah berusaha mewujudkan visi-misi selama 2 periode dalam memajukan pembangunan Kabupaten Kotabaru.

“Pembangunan dan kebersihan sering di galakkan, dan Bupati Kotabaru baru-baru ini juga meletakkan batu pertama untuk rehab total Masjid Agung Husnul Khatimah dengan desain modern yaitu 3 lantai dan ada liftnya. Serta adanya panggung apung disirng laut dan masih banyak lagi program Bupati dalam memajukan pembangunan Kabupaten kotabaru,” pungkasnya.

Untuk Kecamatan Kelumpang Tengah Pemerintah Daerah menyerahkan bantuan melalui Dinas-dinas yang telah mengalokasikan anggaran untuk berbagai program pembangunan diantaranya,

Bantuan permakanan lansia sebanyak 3 orang, bantuan PKH 171, bantuan sembako/BPNT 196 KPM oleh Dinas Sosial. Penyaluran cadangan pangan berupa bantuan pangan beras 315 KK dengan jumlah bantuan sebanyak 3.150kg oleh Dinas Pertanian.

Bantuan makanan kesehatan yaitu 10 paket untuk ibu hamil, 10 paket balita, 10 paket remaja putri dari Dinas Kesehatan. Bantuan untuk 3 orang anak batuta beresiko Stunting dari Dinas PP,PA,PP dan KB. Bantuan sarpras bidang pendidikan jenjang SD, yaitu SDN Sang-Sang, SDN Sungai Paring, SDN Senakin dan SDN Sembilang.

Bantuan sarpras bidang pendidikan jenjang SMP, yaitu SMPN I Kelumpang Tengah dan SMPN 3 Kelumpang Tengah, Bantuan sarpras bidang pendidikan jenjang PAUD untuk TK. Budi Mulia Kelumpang Tengah dan TK Tunas Harapan Kelumpang Tengah dari Dinas Pendidikan. Bantuan rumah tidak layak huni untuk 6 unit di Desa Sembilang dan 7 Unit di Desa Geronggang dari Dinas Pemukiman dan Perumahan.

Bantuan Hibah 1 paket Alat tangkap dan KUB sepakat Desa Sungai Punggawa darj Dinas Perikanan. Dan Penyerahan Dana Hibah untuk Masjid At- Taubah Desa Sembilang sebesar Rp 100.000.000,-, (Seratus Juta Rupiah), Masjid Babussalam Desa Sebuli sebesar Rp 100.000.000,-. (Seratus Juta Rupiah),

Untuk Madrasah Diniyah Hidayatul Ilmi sebesar Rp. 100.000.000,-.(Seratus Juta Rupiah) Ponpes Nurul Rabi Tanjung Batu Rp. 220.000.000,- (Dua Ratus Dua Puluh Juta Rupiah) dan Madrasah Diniyah Babul Ulum Desa Tamiang Bakung sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus Juta Rupiah) oleh Bagian Kesra Pemkab Kotabaru.

Salah satu warga Desa Tanjung Batu yang mendapatkan bantuan, Nor Paulina mengaku sangat senang dengan adanya bantuan dan berharap semoga Bupati Kotabaru sellau sehat.

“Alhamdulillah kami mendapatkan bantuan, dan ini merupakan ujud nyata Bupati Kotabaru yang peduli dengan kami di Bulan Suci Ramadhan, walaupun Bupati sibuk masih menyempatkan diri untuk bersafari ramadhan ke Kecamatan Kelumpang Tengah Desa kami ini, semoga beliau sehat selalu dan lancar rezeki beliau,” paparnya.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Waduk Rawa Sekaran Banyak Di Alih fungsikan, Warga Kesusahan Air

By :Amin Santoso Ketua umum Forum Kajian Informasi Strategis ( FORKAIS) Lamongan,Kabar One.com-warga Desa Sekitar…

1 hour ago

PLN IP UBP Semarang Bersinergi IZI Jateng Dalam Program Pelayanan Masyarakat di Karimunjawa

JEPARA, kabarone.com- PT PLN Indonesia Power (IP) UBP Semarang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia…

2 hours ago

Gedung Baru KPU Kotabaru Diresmikan, KPU Mampu Maksimalkan Kinerja

KOTABARU,kabarOne.com- Gedung Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru diresmikan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H…

5 hours ago

Putusan Pengadilan Cederai Rasa Keadilan Mantan Direktur PT.Blue Bird Dihukum Denda Pembayaran Beranak Cucu

Jakarta ,Kabarone.com,-Psikolog dr Mintarsih Abdul Latief, bagaikan menelan pil pahit, lantaran dihukum membayar denda, agar…

6 hours ago

Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru, Kasatreskrim Terima Piagam Apresiasi

KOTABARU,kabarOne.com- Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan berikan piagam apresiasi kepada Tim Sentra Gakkumdu Polres Kotabaru bertempat…

6 hours ago

Penuhi Janji, Wabub Kotabaru Serahkan Beasiswa Untuk Warga Desa Langadai

KOTABARU,kabarOne.com- Dua kakak beradik, Miftahul Alpirania (14) dan Ahmad Paisal Ajni (12) warga Desa Langadai…

7 hours ago