STKIP Muhammadiyah OKU Timur Gelar Silaturahmi Halal Bihalal, Siap jadi Universitas

Ragam152 views

OKU Timur,Kabar One.com – Civitas Akademika STKIP Muhammadiyah OKU Timur, SMA Negeri 1 Belitang, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) OKU Timur kolaborasi mengadakan silaturahmi dan halal bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah pada Kamis (18/04/2024) di Harjowinangun, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan.

Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Dr. H. Didi Franzhardi, M.Pd mengatakan kegiatan semacam ini bisa terus berjalan dan menjadi rutinitas tahunan karena sangat bagus sekali untuk menjalin tali silaturahim. Mungkin ada pada saat lebaran Idul Fitri tidak bisa bertemu sehingga pada kesempatan ini bisa bertemu.

Pada kesempatan ini juga sebagai momen untuk promosi Kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur, dengan target akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun untuk menjadi Universitas Muhammadiyah OKU Timur.
Nantinya Universitas Muhammadiyah OKU Timur akan ada 2 Fakultas yakni Pertama, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Program Studi PGSD, Matematika, dan Seni Pertunjukan. Kedua, Fakultas Ilmu Komputer (FIK) dengan tiga Prodi atau jurusan.

“Harapanya bisa menggunakan momen halal bi halal ini dengan baik dan mengambil sisi positif. Apalagi pada saat acara ada tausyiah yang disampaikan dan memberikan pesan yang baik tentang Ramadhan dan Idul Fitri,” terang Didi.

Didi juga menuturkan dengan adanya Universitas Muhammadiyah OKU Timur nantinya diharapkan syiar persyarikatan Muhammadiyah di Kabupaten OKU Timur akan semakin cerah dan bersinar, memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten OKU Timur khususnya dan masyarakat Kabupaten sekitar.

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) OKU Timur, Dr. Abdul Muhith, S.Fill, M.Pd mengatakan Silaturahmi ini sangat tepat untuk dilaksanakan, sehingga semakin terjalin komunikasi yang indah.

Silaturahmi dan halal Bi halal ini dapat kita maknai dan jadi refleksi Idul Fitri 1445 Hijrah dengan memahami nilai-nilai moral yang terkandung didalamnya, yaitu Tawadhu, Tawakal, Saling menghormati dan menyayangi, Pemimpin yang baik, Muhasabah, Optimis, Sabar, dan Pemikiran yang maju.

“Semoga Allah menerima puasa dan amal ibadah kita di bulan Ramadhan dan mengharapkan kita bisa mempertahankan amalan-amalan selama Ramadhan pada bulan-bulan berikutnya. Setelah kita berlatih melawan hawa nafsu dan melatih sabar di bulan Ramadhan. Maka, pada momen ini yang kebetulan pasca pemilu, kepada masyarakat OKU Timur mari bersama-sama bergandengan tangan bersatu kembali untuk kebaikan bangsa, dan negara Indonesia,” ujar Muhith.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Belitang, H. Prioyitno, S.Pd., M.M mengatakan silaturahmi dan halal bi halal ini merupakan momen saling bertemu, tatap muka menjalin Ukhuwah Islamiyah saling maaf memafkan, dan untuk lebih akrab menjalin kekeluargaan. Dan Syawal itu maknanya peningkatan, peningkatan dari segi Ibadah, kinerja, peningkatan kualitas diri untuk menjadi lebih baik. Silaturahmi dan Halal Bi Halal ini SMA Negeri Belitang gabung dengan STKIP Muhammadiyah OKU Timur, sanak family ikut serta hadir.

“Antusiasnya sangat luar biasa yang hadir dalam silaturahmi dan halal bi halal ini, kebetulan cuaca bagus dan mendukung, apalagi ini lebaran Idul Fitri hari ke-9 semua menyempatkan untuk hadir. Semoga bulan Syawal ini menjadikan kita menjadi lebih baik, dan tentunya momen ini meningkatkan ukhuwah islamiyah, kekeluargaan lebih akrab lagi,” ujar Prio.

Prio menuturkan bahwa musik tradisional itu di luar negeri di Inggris, Australia, Jepang menggali seni Jawa untuk dibawa ke negaranya. Jadi kita jangan sampai kehilangan suatu budaya adiluhung dengan Wayang yang perlu dilestarikan. OKU Timur itu 70% merupakan suku Jawa, jangan sampai hilang seni, saya ingin melahirkan anak muda yang trampil dan peduli seni tradisional, melalui Ekstrakurikuler (Ekskul) Karawitan di SMA Negeri 1 Belitang.

Malam nanti Launching Ekskul Karawitan, harapannya Ekskul disambut baik seperti Ekskul lainnya seperti Pencak Silat, Marching Band dan lainnya. Nantinya Anak Marching cikal bakal untuk ekskul Karawitan, dan tentunya tentu terbuka untuk lainnya untuk belajar.

Kegiatan silaturahmi dan halal bihalal tersebut dilaksanakan di Halaman Rumah H. Prioyitno dengan Pasang Tarub, dan dimeriahkan Orkes Musik. Adapun rangkaian kegiatan tersebut diantaranya pembukaan, sambutan-sambutan, Tausyiah dari Ustadz Mualim, S.H.I, M.Pd.I, Doa, dan penutup. Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan malamnya hiburan pagelaran Wayang Kulit Bima Suci dengan Dalang Joko Purwanto (Lampung), dengan Bintang Tamu Kiswan, dan Ayu Purwo Lestari (Yogyakarta).

 

Adapun tamu yang hadir dalam kegiatan Silaturahmi dan Halal Bi Halal diantaranya, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Belitang, Pengurus PDM OKU Timur, Pengurus PD Aisyiyah OKU Timur, Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Ketua Lazismu Kabupaten OKU Timur, IMM OKU Timur, IPM OKU Timur, Civitas Akademika Kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur berupa Dosen, Karyawan, Mahasiswa, dan Civitas Akademika SMA Negeri 1 Belitang berupa Guru, Siswa/i, serta Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah, Simpatisan Muhammadiyah maupun Masyarakat umum. (Penulis; Prely)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *