Rangkaian Hari Jadi Kotabaru Ke-74, Festival Kreatif Kuliner Kotabaru 2024 Digelar

Daerah104 views

KOTABARU,kabarOne.com- Jelang hari jadi Kabupaten Kotabaru Ke-74, Festival Kreatif Kuliner Kotabaru 2024 kembali digelar oleh Pemkab Kotabaru melalui Disparpora dan gelar dari tanggal 3-5 Mei 2024.

Festival kreatif kuliner Kotabaru 2024 secara resmi dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar Alaydrus bertempat di Objek Wisata di Siring Laut Kotabaru, Jum’at (3/5/2024) malam.

Hadir Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Alaydrus, Forkipimda, Ibu Sekda Kotabaru, Kepala SKPD Lingkup Pemda Kotabaru, dan Tamu Undangan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar saat sambutan memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan Festival kreatif kuliner Kotabaru 2024, ini merupakan ajang promosi produk makanan khas Kotabaru.

“Saya mengapresiasi dengan dilaksnakannya kegiatan ini, jadi diharapkan nantinya bisa mengangkat makanan khas dan menggali potensi masyarakat untuk berinovasi dalam perkembangan masakan khas kotabaru”, tambahnya.

Hj. Fatma juga megharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa membangkitkan gairah dalam dunia usaha, khususnya para pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kotabaru.

Sementara itu, Kadisparpora Kotabaru Sonny Tua Halomoan mengatakan, Festival kreatif kuliner Kotabaru 2024 merupakan salah satu event yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas pariwisata pemuda dan olahraga sebagai satu wujud usaha menggalakkan promosi pariwisata serta menggaungkan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Kotabaru.

“Jadi melalui sub sektor kuliner dan festival kreatif kuliner Kotabaru 2024 ini juga merupakan kegiatan dalam rangkaian menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Kotabaru Ke-74, dengan tema “Kotabaru menjulang” yang artinya manuntungakan (menyelesaikan) amanah menuju Kotabaru Gemilang”, sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan Sonny, ada berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan dalam festival kreatif kuliner Kotabaru 2024 ini, antara lain Bazar kreatif kuliner yang diikuti oleh para pelaku kreatif kuliner yang ada di Kabupaten Kotabaru sebanyak 27 tim, juga diisi oleh perwakilan dari berbagai organisasi seperti bhayangkari Polres Kotabaru, perwira dan DWP kemenag Kotabaru

Selain itu ada berbagai macam lomba, yaitu lomba menu kreatif kuliner khas Kotabaru yang diikuti sebanyak 15 peserta, yang mana dari lomba ini nantinya diharapkan menghasilkan makanan khas Kotabaru yang akan menjadi promosi Daerah dan bisa menjadi oleh-oleh bagi wisatawan atau pengunjung di Kabupaten Kotabaru.

“Kemudian juga ada lomba kreatif SKPD dan sekolah berbahan dasar singkong yang diikuti sebanyak 28 peserta, terimakasih saya ucapkan atas partisipasi seluruh SKPD atau instansi dan sekolah yang turut meramaikan festival kreatif kuliner Kotabaru tahun ini”, tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *