Polres Jakut Tetapkan 1 Tersangka Pembunuh Taruna STIP Marunda

Hankam145 views

Jakarta ,Kabarone.com,-Terungkap sudah pelaku dugaan pembunuhan (alm) Putu Satria Ananta Rustika (19), mahasiswa taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Marunda, Cilincing Jakarta Utara, ditetapkan sebagai tersangka.

Sesuai hasil Penyelidikan, Penyidikan dan gelar perkara yang dilakukan Penyidik Polres Jakarta Utara, lalu menetapkan satu orang taruna tingkat dua STIP berinisial TRS sebagai tersangka.

Sebagaimana keterangan yang disampaikan Kapolres Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan, setelah melakukan Penyelidikan, dan Penyidikan serta memeriksa saksi saksi, maka dalam waktu 24 jam, penyidik menyimpulkan bahwa yang melakukan pembunuhan terhadap korban almarhum dilakukan oleh senior terhadap juniornya. “Pelaku berinisial TRS diduga melakukan pembunuhan dan atau penganiayaan tunggal terhadap juniornya hingga meninggal dunia,”ungkap Kapolres, didampingi Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara dan jajarannya, 4/5/2024.

Menurut Kapolres, dalam perkara tersebut, Penyidik telah memeriksa saksi saksi kurang lebih 36 orang, diantaranya pengasuh, para taruna, pihak kampus, dokter kampus serta Ahli. Penyidik juga telah melakukan olah tempat kejadian perkara.

Motif pelaku melakukan penganiayaan terhadap juniornya itu merupakan tradisi penindakan dari senior ke taruna junior yang dianggap melakukan kesalah. Dimana penindakan tersebut merupakan tindakan aksi kekerasan yang dilakukan pelaku di kamar mandi kampus STIP Marunda Cilincing Jakarta Utara, pada Jumat, 3/5/2024, sehingga menyebabkan nyawa korban hilang.

“Keluarga korban Ni Putu Wayan, melaporkan kejadian kematian tersebut ke Polres Jakarta Utara, dan dari laporan tersebut Penyidik bereaksi melakukan pengungkapan kasus dan menetapkan tersangka”, ucap Kapolres menambahkan. Perbuatan pembunuhan tidak direncanakan dan penganiayaan yang dilakukan tersangka TRS dijerat dengan Pasal 338 KUHP juncto Pasal 351 ayat 3 KUHP”, kata Kapolres.

Menyikapi masih adanya aksi pembunuhan yang terjadi di dalam Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran tersebut, hingga berita ini ditayangkan, baik pihak tersangka dan pihak Kampus STIP Marunda Cilincing belum dapat terkonfirmasi.

Sebelumnya pada tahun 2000 an, STIP Marunda Cilincing juga pernah viral di seluruh dunia, akibat meninggalnya mahasiswa berinisial alm G warga Surabaya. Saat itu Penyidik menetapkan beberapa mahasiswa seniornya sebagai tersangka dan dihukum terbukti bersalah melakukan tindak pidana di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Motif perbuatan yang tidak asing antara senior dan junior selalu menghantui para mahasiswa di kampus tersebut.

Penulis ; P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *