Universitas Billfath menggelar workshop lanjutan Pengelolaan Pesantren

Ragam121 views

Lamongan,Kabar One.com-Pusat Pengembangan Bahasa dan Kepesantrenan (PPBK) Universitas Billfath menggelar workshop lanjutan Pengelolaan Pesantren. Workahop diselenggarakan di PP. Ihyaul Ulum Manyar Sekaran. Pada workshop ke 2 ini mengusung tema Pengelolaan kebersihan pesantren. Tema ini diangkat berdasarkan hasil RTL workshop pertama yg digelar di PP. Al Fattah Siman Sekaran Lamongan. Kegiatan yang dilaksanakan mulai jam 9.00 s.d 14.30 ini diikuti 25 Pondok Pesantren di wilayah Lamongan dan sekitarnya.Jum’at,( 10/5/2024).

Hadir dalam kegiatan ini sebagai pemateri adalah KH. Roni S. Sya’roni, SH.(Ketua Pengurus YPPF, pengasuh PP. Kiringan Nganjuk dan Ketua LSM Spektra). Beliau menyampaikan materi dengan tema “Pengasuhan & Kembersihan Pesantren”. Tandas beliau, kondisi Pesantren saat ini, ada pesantren besar yang cenderung semakin berkembang, santrinya semakin banyak, akses ekonomi dan akses polotik juga luas. ada juga pesantren kecil yang cenderung semakin lemah, jumlah santri sedikit, fasilitas terbatas, akses politik dan ekonomi juga terbatas. Maka kata gus Roni, pesantren-pesantren kecil harus move on, dimulai dari melakukan hal-hal kecil secara istiqomah.

Sebagai pembicara ke 2 Bapak Suprapto, M.Pd. (Wakil Rektor 1 Universitas Billfath). Beliau menyampaikan teknis pengelolaan pesantren dengan mengadopsi konsep SPMI, dalam pengelolaan mutu kebersihan pesantren dengan mengunakan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan). Dia mengatakan untuk memulai pengelolaan kebersihan harus dimulai dari kebijakan kebersihan oleh kyai, dilanjutkan menetapkan standar, dilaksanakan dengan setiap hari dikontrol secara kontinyu dan dilakukan peningkatan.

Mewakili sambutan Rektor Billfath, Wakil Rektor 2 (Dr. H. Nur Zaini, M.S.I). Kang Zen, sapaan WR2 ini mengapresiasi peserta yang hadir. Dia mengharap kegiatan ini dilaksanakan secara istiqomah 2 bulan sekali, Billfath siap membackup kegiatan ini. Kegiatan semacam ini tidak sekedar pelaksanaan dari salah satu tri dharma perguruan tinggi, lebih dari itu kegiatan pengembangan pesantren yang diprogramkan ini ada wujud kongkrit dari visi Universitas Billfath sebagai Perguruan Tinggi berbasis pada nilai-nilai kepesantrenan, jelas dia.

Hadir dalam kegitan dan memberi sambutan sebagai Ketua PPBK, KH. Muhammad Afifuddin, MA. (Kandidat Doktor) dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab di UIN Malang. Lulusan S1 dan S2 Universitas Islamabad ini menyampaikan bahwa Workshop ini merupakan salah satu program PPBK di bidang Kepesantrenan yang bertujuan untuk mengembangkan pesantren dengan melibatkan kyai2 muda, gus-gus pondok. Ada 2 bidang yang dikembangkan di PPBK Universitas Billfath, pengembangan bahas baik Arab maupun Inggris dan kepesantrenan. Keduanya dilakukan kepada mahasiswa berupa pelatihan keterampilan dasar bahasa hingga tercapai kompetensi tertentu juga dilaksanakan kepada masyarakat, misalnya pelatihan metode pembelajaran bahasa Arab dan lain sebaginya.

Ucapan terimakasih baik kepada peserta yg hadir maupun kepada Universitas Billfath yang telah mempercayakan PP. Ihyaul Ulum Manyar sebagai tempat penyelenggaraan workshop, disampaikan Gus Muh “panggilan KH. Muhamad” dalam sambutan mewakili tuan rumah. Putra KH. Nurul Usman ini menyampaikan workshop yang diselenggaran di pondok Manyar akan menambah motivasi para ustad dan santri Manyar. Selain itu, kehadiran kyai-kyia muda, gus dan pengurus2 pesantren akan membawa berkah tersendiri bagi pesantren Ihyaul Ulum Manyar, “harap beliau.(****).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *