Kejari Jakut Tahan Tersangka Korupsi Pemberian Fasilitas Kredit Fiktif

Hukum166 views

Jakarta Kabarone.com,-Tim Penyidik Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, (Kejari Jakut), menetapkan inisial AA sebagai tersangka dugaan Tindak Pidana Korupsi. Tersangka juga langsung ditahan guna pertanggungjawaban hukum, atas dugaan penyalahgunaan fasilitas Kredit, periode tahun 2022 pada Bank pemerintah,

Setelah melakukan Penyelidikan dan Penyidikan serta gelar perkara atas dugaan korupsi yang dilakukan tersangka, lalu Penyidik memanggil tersangka AA Rabu 29 Mei 2024, dan melakukan penahanan.

Berdasarkan keterangan Pers yang disampaikan Kepala Seksi Intelijen (Intel) Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, Rans Fismy SH MH, bahwa sekitar bulan Oktober 2022, tersangka AA, Sdr Heri, dan Sdr Ate diminta untuk mengejar target kredit dan apabila bisa dipenuhi sampai dengan akhir bulan mendapat keuntungan dari setiap pengajuan kredit tersebut.

Dalam melakukan aksinya, pada bulan November 2022, tersangka AA melakukan kredit fiktif dengan cara mengajukan fasilitas kredit menggunakan data nasabah yang telah mengajukan kredit sebelumnya. Sementara data nasabah yang digunakan tersangka berasal dari data nasabah yang meminjam bersamaan dengan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro).

“Kemudian kredit diajukan dan dicairkan, setelah kredit cair tersebut dilunasi secara bertahap. Tersangka AA memberikan kode untuk berkas kredit yang fiktif dengan penyebutan “BF”. AA mendapatkan data nasabah yang digunakan untuk kredit gaming dilakukan dengan cara mengambil data di Gudang”, ungkap Rans.

Ditambahkan, berdasarkan hasil perhitungan atau audit sementara, bahwa perbuatan tersangka telah menimbulkan kerugian keuangan negara senilai Rp 2 miliar rupiah lebih. Dimana sampai saat ini masih dilakukan audit perhitungan kerugian keuangan negara.

Masih menurut Kasi Intel, penahanan terhadap AA dilakukan berdasarkan Surat Perintah Penahanan No.Print-79/M.1.11/Fd.1/05/2024, tanggal 29 Mei 2024. Penahanan dilakukan selama dua puluh hari kedepan di Rutan Kelas I Salemba, Jakarta Pusat, ucap Rans Rismy, 29/5 2024.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *