Tingkatkan Agrobisnis Padi Sawah, Bupati; Ini Tugas Dinas

Daerah52 views

KOTABARU,kabarOne.com- Untuk meningkatkan mutu intensifikasi (agrobisnis padi sawah) seluas 100 hektar di 5 titik lokasi.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kotabaru melaksanakan panen padi sawah bersama Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar di Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur, Selasa (11/06/2024).

Hadir sejumlah pejabat diantaranya Asisten, Forkopimda, Ketua PKK dan Camat, kelompok tani berkat usaha mandiri dan Kepala Desa di Kecamatan Pulau Laut Timur.

Seluruh undangan berkumpul untuk mendukung gerakan ini dan berpartisipasi dalam panen padi sawah sebagai bukti nyata dari kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat.

Bupati H. Sayed Jafar mengucapkan rasa syukur dan bangga kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani Berkat Usaha Mandiri Desa Berangas serta kepada semua unsur yang terlibat didalamnya atas kerja keras, dedikasi dan kerja sama sehingga panen padi hari ini dapat terlaksana dengan lancar.

“Kegiatan panen padi ini dapat memotivasi seluruh petani, masyarakat dan jajaran pertanian untuk lebih terpacu dalam melakukan aktivitas untuk meningkatkan produksi dan produktivitas usaha tani pertanian khususnya padi, dalam rangka mewujudkan masyarakat Kotabaru yang semakin mandiri dan sejahtera dibidang agrobisnis,” harap Bupati.

Harapan saya panen raya kelompok tani berkat usaha mandiri bisa mencapai 6,5 ton per hektar sekali panen, melihat dari tempat-tempat lain yang ada di Kotabaru juga ada yang lebih maju seperti di Desa Pembelacanan bisa panen 11 ton per hektar.

Jadi ini merupakan tugas untuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian agar kelompok tani yang ada sekarang lebih di dorong untuk bercocok tanamnya lebih banyak lagi kedepannya.

“Yang perlu di perbaiki yaitu irigasi, karena disini mempunyai mata air sendiri san tidak sulit walaupun musim kemarau tetap bisa masih untuk bercocok tanam karena mempunyai mata air tersendiri di seratak,” ungkap Bupati.

Sementara itu,Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan adalah kegiatan peningkatan mutu intensifikasi (PMI) tahun 2024.

PMI ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas melalui penggunaan benih unggul dan penggunaan sarana produksi yang tepat guna program ini sehingga menjadi percontohan bagi kagiatan pertanaman padi dilokasi lainnya diwilayah Kabupaten Kotabaru.

“Ditahun 2024 ini Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru melaksanakan kegiatan peningkatan mutu intensifikasi (agrobisnis padi sawah) seluas 100 hektar yang dilaksanakan di 5 lokasi,” paparnya.

Antara lain, Desa Berangas Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Salino Kecamatan Pulau Laut Tengah, Desa Sungai Hanyar Kecamatan Kelumpang Utara dan Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara.

Upaya lainnya yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan hasil produksi padi yaitu dengan mengusulkan kuota pupuk bersubsidi ke Pemerintah Pusat agar bisa ditambah yang sebelumnya pupuk urea 966.882 Ton menjadi 1.623.098 Ton, pupuk NPK sebelumnya 932.161 Ton menjadi 1.992.788 Ton dan pupuk organik sebelumnya tidak ada menjadi 1.228.659 Ton,” jelas Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *