DLH Kotabaru Sukses Miliki Laboratorium Lingkungan

Daerah229 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dan mendekatkan pelayanan pengujian laboratorium kualitas lingkungan, di tahun 2024 ini akhirnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotabaru telah sukses memiliki Laboratorium Terakreditasi.

Laboratorium milik Pemkab Kotabaru yang berlokasi di Desa Megasari Kecamatan Pulau Laut Utara langsung ini diresmikan oleh Sekdakab Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, Kamis (13/6/2024).

Peresmian Laboratorium Lingkungan Kabupaten Kotabaru ini sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024.

Hadir Sekda Kotabaru, Forkopimda, Kadis LH Provinsi Kalimantan Selatan, para SKPD Lingkup Kotabaru, Asisten, Camat, DLH Kotabaru dan jajaran, SMAN 2 Kotabaru, perwakilan perusahaan dan Kapala Desa Megasari.

Sebelum peresmian, para undangan di suguhkan dengan penampilan Tarian Radap Rahayu dan Saijaan Kotabaru lestari oleh SMAN 2 Kotabaru.

Sekdakab Kotabaru Drs. H. Said Akhmad mengatakan, dengan diresmikannya laboratorium lingkungan ini ketika ada masalah dan uji lingkungan tidak perlu lagi ke Kabupaten tetangga, karena selama ini kita ke Tanah Bumbu dan Banjarmasin.

Lanjut Sekda, Jadi sekarang ketika ada laporan masyarakat masalah lingkungan, termasuk AMDAL perusahaan apabila ada terjadi pelanggaran kita langsung tahu hasilnya dari laboratorium ini.

“Adanya laboratorium ini akan menjadikan pendapatan daerah nantinya, dan ini akan menjadi APBD daerah Kotabaru,” ungkapnya.

Untuk fasilitas di laboratorium ini sudah lengkap terkecuali masalah udara, tapi ini akan segera di lengkapi kedepannya, karena ini masih tahap awal.

“Dan sekarang laboratorium ini langsung beroperasi, tinggal tenaga tehnis akan di siapkan yang bersertifikat, dan ini masih dalam proses supaya nanti hasilnya bisa di pertanggungjawabkan,” jelas Sekda.

Sementara itu, Kadis LH Kotabaru Maulidiansyah mengatakan, tema yang diangkat pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024 yaitu, penyelesaian krisis iklim dengan inovasi dan prinsip keadilan.

“Tema ini di pilih sebagai pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan,” bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan Maulid, adapun yang telah dilaksanakan, baik oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan beberapa SKPD terkait, TNI-POLRI serta perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Kotabaru, para mahasiswa, pelajar dan siswa serta warga masyarakat Kotabaru, antara lain;

1. Aksi penanaman mangrove 10 ribu bibit dalam program mangrove for Banua di Desa Tanjung Pangga Kecamatan Kelumpang Selatan.
2. Aksi bersih-bersih pantai dalam program pesisir berseri di Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam.

3. Aksi penanaman pohon oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru dan Forkopimda, perusahaan-perusahaan di beberapa wilayah daerah Kabupaten Kotabaru, termasuk aksi penanaman pohon yang baru dilaksanakan.

4. Pelaksanaan rakor Forkopimda yang mengambil tema tentang lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Badan Kesbangpol.

5. Aksi pengujian uji emisi kendaraan gratis oleh Dishub Kotabaru.

6. Pameran promosi, sosialisasi, bagi-bagi bibit pohon serta lomba foto dalam rangka Saijaan expo 2024.

7. Dan peresmian gedung laboratorium lingkungan.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *