RPJMD Merupakan Produk Daerah, Syairi Mukhlis; RPJPD Bersinergi Dengan RPJPN

Nasional80 views

KOTABARU,kabarOne.com- Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan produk daerah atau perda yang sudah disepakati antara pemerintah daerah dengan DPRD Kotabaru.

“Adapun penyusunannya harus merujuk kepada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), dan Perda RPJMD merupakan produk daerah sebagai acuan bagi pemerintah daerah untuk menjalankan pembangunan di Kabupaten Kotabaru, hal itu di ungkapkan oleh Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, Rabu (3/7/2024).

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk Kabupaten Kotabaru dalam penyusunan RPJPD ini lebih kepada mengakomudir kearifan lokal daerah Kotabaru sendiri, mengenai permasalahan yang saat ini dihadapi kedepannya dan juga mengenai penanganannya akan dimasukkan kedalam RPJPD 2025/2045.

“Karena target RPJPN, Pemerintah Daerah adalah untuk menuju Indonesia emas, maka program-program harus bersinegi dengan program Pemerintah Pusat dan harus dituangkan ke dalam RPJPD Kabupaten yang dalam implementasinya harus menyesuaikan dengan wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Termasuk juga saat ini yang menjadi sorotan seperti IPN, tingkat kemiskinan, penanganan stunting yang semua itu sudah disusun, dan turunan dari RPJPD ini dituangkan kedalam RPJMD Kabupaten.

Menurut Syairi Mukhlis, apa yang tertuang di RPJMD Kabupaten nantinya akan dianggap menjadi proyek strategis, dan akan utamakan sesuai dengan kebutuhan daerah serta mengacu kepada kondisi keuangan daerah Kotabaru.

Namun katanya, saat ini penyusunan APBD sehingga pelaksanaan pembangunan di daerah bisa dilaksanakan berkelanjutan dengan pedoman RPJPD serta RPJMD Kabupaten sebagai acuan.

“Dengan mengacu kepada RPJPD dan RPJMD Kabupaten maka akan mempercepat layanan publik, mempercepat pembangunan infrastruktur yang merupakan proyek strategis daerah, pelayanan pendidikan, dan pelayanan kesehatan yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat,” tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *