Ragam

Pelatihan TikTok Shop untuk UMKM Desa Wisata Kandri oleh Mahasiswa USM

Semarang ,Kabar One.com-Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Semarang (USM) di bawah bimbingan
Tika Ristia Djaya, S.I.Kom., M.I.Kom Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan memberikan pelatihan komunikasi bisnis yang bertemakan “Optimalisasi Promosi Untuk Meningkatkan Kompetisi Bisnis UMKM Desa Wisata Kandri Melalui Platfrom Tiktokshoop” Kepada para pelaku UMKM di Desa Wisata Kandri pada Senin, 1 juli 2024.

Muhammad Naufal Muflikhun selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pegangan dasar dan awareness kepada para pelaku UMKM di desa wisata kandri untuk selalu beradaptasi dengan adanya perkembangan teknologi dengan cara memanfaatkan sosial media untuk membantu meningkatkan daya saing para pelaku UMKM desa wisata kandri khususnya pemanfaatan platfrom tiktokshoop.

Pada kegiatan pelatihan bisnis ini para pelaku UMKM tak hanya di bekali dengan materi saja cara penggunaan tiktokshoop tetapi juga di berikan materi tentang pondasi menjadi wirausaha dan cara menghitung Break Event Point. Sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan praktik langsung untuk memastikan pelaku usaha UMKM Desa Wisata Kandri dapat memahami dan menerapkan ilmu yang diperoleh dari narasumber.

Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam yang diisi oleh dua narasumber Dr. Dwiyati sadewisati,S.E., M.Si. sebagai narasumber pertama yang memberikan materi tentang Break Event Point. Sedangkan narasumber kedua Yogi Alfito Valentino memberikan materi pelatihan tentang tiktokshoop untuk membantu promosi Produk UMKM Desa Wisata Kandri.

Pak masduki selaku perwakilan pengelola desa Wisata Kandri yang mengikuti acara tersebut mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan pelatihan komunikasi bisnis yang di berikan oleh mahassiswa Ilmu Komunikasi USM.

“Adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan saya dan teman teman UMKM lainya tentang pemanfaatan Tiktokshoop dan cara menghitung BEP dengan benar sehingga bisa saya terapkan,” katanya.

Dia berharap, ke depan dapat terus diadakan adanya pelatihan serupa untuk membantu para pelaku UMKM Desa Wisata Kandri dalam memperkuat daya saing.

Antusiasme para pelaku UMKM dilihat pada saat praktik pembuatan akun tiktokshoop dan mencoba memposting produknya dengan arahan dari Yogi Alfinto Valentino selaku narasumber pada acara tersebut.

Menurut salah satu peserta pelatihan ini Budy kuncoro mengungkapkan bahwa adanya kegiatan ini sangat membantu mereka dalam mempromosikan produk yang mereka jual agar dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.

“Ya kami sangat terbantu dengan pelatihan ini, dan kami para pelaku UMKM desa Wisata Kandri berharap agar pelatihan ini dapat terus berlanjut dan terus di dampingi agar bisa berjalan dengan baik” Ucapnya.

Informasi lebih lanjut:
088225156749 (nafisa)
Studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Sambut Dirgahayu RI Dan HUT MARI Ke-79, PN Jak Pst Gelar Pekan Olah Raga 2024.

JAKARTA Kabar One.com : Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar pekan olahraga dijalan Bungur Raya Jakarta…

4 hours ago

Ketua Makamah Agung Syarifuddin didampingi Suharto Ke Mataram Kegiatan Pembinaan Teknis Administrasi Yudisial

JAKARTA Kabar One.com ; Ketua Makamah Agung Prof Dr H.M.Syarifuddin SH didampingi Wakil Ketua Makamah…

4 hours ago

PT KTM didemo ratusan sopir truk tebu , Evaluasi Keberadaan Perusahaan Pabrik Tersebut

Lamongan,Kabar One.com-Untuk kesekian kalinya para sopir Kecewa tebunya ditolak masuk pabrik, ratusan supir truk mendemo…

7 hours ago

UMK di Kotabaru Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan dari BPOM

KOTABARU,kabarOne.com- Kepala Loka POM Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan…

8 hours ago

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia SH MH Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

JAKARTA KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. melantik dan mengambil…

1 day ago

Dugaan Pungli Pengurusan Berkas Sertifikat hak milik (SHM) di Sidomukti Terus Bergulir

LAMONGAN,Kabar One.com - Adanya pernyataan dalam proses jual beli tanah dengan modus sebagian tanah tak…

1 day ago