DPPPAPPKB Laksanakan Pelatihan Satgas PPA, Geografis Kotabaru Cukup Luas

Daerah68 views

KOTABARU,kabarOne.com- Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana (DPPPAPPKB) melakanakan pelatihan tugas perlindungan perempuan dan anak (SATGAS PPA) dalam rangka meningkatkan pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak untuk wilayah Kabupaten Kotabaru,

Kegiatan dihadiri secara langsung oleh duta perlindungan perempuan dan anak Hj. Fatma Idiana dan dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat H. Minggu Basuki, dan sebagai narasumber dari gabungan pengusaha kelapa sawit Indonesia (GAPKI) di Grand Surya Hotel Kotabaru, Senin (15/07/2024).

Duta perlindungan perempuan dan anak Hj.Fatma Idiana mengatakan, tujuan perlindungan perempuan dan anak dari tindak kekerasan adalah mencegah segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Selain itu memberikan perlindungan dan pelayanan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan yang berbasis gender serta memberikan rasa aman terhadap perempuan dan anak korban kekerasan.

“Saya berterimakasih atas bantuan dan dukungan dari DPPPAPPKB dan tim khusus satuan tugas baik tingkat Kecamatan maupun Desa dan juga di beberapa perusahaan atas kerja keras dan keseriusan sehingga beberapa kasus terjadi ditahun ini bisa dibantu dalam penanganannya” ungkapnya.

Saya sebagai duta perlindungan perempuan dan anak akan selalu mendukung dalam membantu penanganan,perlindungan dan berusaha untuk memenuhi hak perempuan dan anak dari segala bentuk tindak kekerasan diskriminasi perlindungan khusus.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra mewakili Bupati Kotabaru membuka secara resmi pelatihan satgas dan mengatakan, dengan adanya pelatihan satuan tugas PPA ini diharapkan selain dapat melakukan penanganan terhadap korban diharapkan juga dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat luas sehingga dapat mengurangi segala bentuk gangguan kekerasan yang menimpa perempuan dan anak.

“Disamping itu juga untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan mendapatkan perlindungan dan dapat menyuarakan apa yang mereka alami baik kekerasan psikis,fisik maupun seksual dalam upaya mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak serta menurunkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” jelasnya.

Kepala DPPPAPPKB Sri Sulistiawati mengatakan bahwa berbagai tindak kekerasan kepada perempuan dan anak itu bisa terjadi di berbagai tempat baik di fasilitas umum, di tempat kerja, di sekolah maupun di lingkungan keluarga sendiri.

Dijelaskannya, dengan geografis yang cukup luas di Kabupaten Kotabaru tentunya diperlukan stategi dan langkah untuk mampu memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dalam hal ini adalah kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah kabupaten kotabaru.

Peran lintas sektor terkait, masyarakat dan kelurga sangat di perlukan dalam rangka pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelayan terhadap penanganan kasus kekerasan terhadap anak, maka pada hari ini dilakukan pelatihan satuan tugas (Satgas) PPA di Kabupaten Kotabaru,” sebutnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *