Daerah

Keindahan Wisata Kotabaru Buat Takjub, Ini Ungkapan Mantan Walikota Balikpapan

KOTABARU,kabarOne.com- Wisata dan potensi Kabupaten Kotabaru yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) membuat mantan walikota Balikpapan ke- 10 Rizal Effendi takjub.

Kabupaten Kotabaru sendiri adalah salah satu Kabupaten yang banyak memiliki tempat wisata yang dapat memukau wisatawan dan ini sejalan dengan Visi Misi Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH.

Dengan mewujudkan masyarakat Kabupaten Kotabaru yang semakin mandiri dan sejahtera melalui peningkatan di bidang agrobisnis dan kepariwisataan.

Salah satunya wisatawan Rizal Effendi dari Balikpapan yang merupakan Mantan Wali Kota Balikpapan ke-10 yang menjabat selama dua periode dengan masa jabatan 2011-2016 dan 2016 hingga 2021, pada Minggu (14/07/2024) di Sirkuit SJA TBK Pantai Gedambaan saat menonton Beach Enduro Race Hayau Barait 9 mengaku takjub akan keindahaan alam Bumi Saijaan.

“Ini luar biasa dan Bupati Kotabaru fokus dengan industri kepariwisataan dan olahraga ini merupakan pilihan yang terbaik apalagi dengan potensi dan kondisi alam dan lautnya yang menunjang,” ungkapnya.

Yang membuat mantan Wali Kota Balikpapan ke-10 tambah takjub datang ke Kabupaten Kotabaru, yaitu dengan melihat langsung kondisi alamnya yang masih terjaga dan menurutnya ini bisa dimanfaatkan menjadi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kotabaru.

“Saya kaget dengan kondisi Kabupaten Kotabaru dengan gunung dan hutannya yang masih terjaga, dengan laut yang bersih. Dan saat saya bersama Bupati Kotabaru tadi berbincang-bincang,” tambahnya.

Kata Rizal, dimana dengan kondisi alam yang seperti ini maka bisa diperjuangkan dan diajukan juga menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD), yaitu dengan perdagangan karbon dan menjual oksigen dengan cara hutan dijaga, lautnya dijaga agar bersih maka itu bisa dibayar oleh industri dunia.

“Kabupaten Kotabaru yang dijuluki Bumi Saijaan ini banyak menyimpan potensi dan keunikannya dengan cerita ghaibnya yaitu Kota Ghaib Saranjana yang diceritakan kepada saya,” bebernya.

Mantan Wali Kota Balikpapan ke-10 ini juga menuturkan, Kabupaten Kotabaru nanti kedepannya akan menjadi Kota yang maju dari Daerah lainnya.

“Bupati Kotabaru sangat tepat dengan visi misinya yaitu dengan memilih pariwisata sebagai leading sektornya untuk perkonomian daerah, dan tidak semua daerah banyak memiliki potensi seperti Kabupaten Kotabaru yang memiliki gunung dan laut yang bagus,” sebutnya.

Tambahnya, pertamakali nonton lomba yang ekstrem dimana memiliki sirkuit dengan pemandangan yang indah.

“Saya juga baru pertamakali nonton lomba yang ektrem seperti ini dengan diikuti peserta dari beberapa daerah lain yang ada di Indonesia, bahkan manca negara dengan arena yang memiliki pemandangan indah, dimana ada laut dan diatasnya pegunungan,” pujinya.

Adapun wisata yang banyak dikunjungi wisatawan diantaranya, Siring Laut, Pantai Gedambaan, Hutan Meranti, Air Terjun Tumpang Dua, Bukit Mamake-Bapake SJA Hill, dan banyak lagi lainnya.

Bahkan saat ini, Mantan Wali Kota Balikpapan bersama rombongan tengah menikmati pertandingan Trail Game atau Beach Enduro Race Hayau Barait 9 di Sirkuit SJA TBK Pantai Gedambaan.(HRB)

By; Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Sambut Dirgahayu RI Dan HUT MARI Ke-79, PN Jak Pst Gelar Pekan Olah Raga 2024.

JAKARTA Kabar One.com : Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar pekan olahraga dijalan Bungur Raya Jakarta…

5 hours ago

Ketua Makamah Agung Syarifuddin didampingi Suharto Ke Mataram Kegiatan Pembinaan Teknis Administrasi Yudisial

JAKARTA Kabar One.com ; Ketua Makamah Agung Prof Dr H.M.Syarifuddin SH didampingi Wakil Ketua Makamah…

5 hours ago

PT KTM didemo ratusan sopir truk tebu , Evaluasi Keberadaan Perusahaan Pabrik Tersebut

Lamongan,Kabar One.com-Untuk kesekian kalinya para sopir Kecewa tebunya ditolak masuk pabrik, ratusan supir truk mendemo…

8 hours ago

UMK di Kotabaru Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan dari BPOM

KOTABARU,kabarOne.com- Kepala Loka POM Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan…

9 hours ago

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia SH MH Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

JAKARTA KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. melantik dan mengambil…

1 day ago

Dugaan Pungli Pengurusan Berkas Sertifikat hak milik (SHM) di Sidomukti Terus Bergulir

LAMONGAN,Kabar One.com - Adanya pernyataan dalam proses jual beli tanah dengan modus sebagian tanah tak…

1 day ago