Daerah

Polres Kotabaru Ikuti Puslitbang Polri, Komitmen Untuk Terus Berinovasi

KOTABARU,kabarOne.com- Tingkatkan efektivitas penegakan hukum terhadap kejahatan siber, Polres Kotabaru mengikuti kegiatan penelitian dari Puslitbang Polri tentang “Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Siber” bertempat di Mapolres Tanah Laut, Rabu (17/7/2024).

Tindak pidana siber yang merupakan tindak perilaku kejahatan berbasis serta memanfaatkan komputer dan jaringan internet di wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Waka Polres Kotabaru Kompol Agus Rusdi Sukandar, SH.SIK.MH dan beberapa pejabat utama Polres Kotabaru, termasuk Kabag SDM AKP Machmoud Terryadi, Kasat Reskrim AKP Muhammad Taufan Maulana, S.Trk, SIK., Kasi Humas IPTU Agus Riyanto, Kasi Kum IPTU Yuswo Yuwono, Kanit 2 Sat Reskrim IPDA Surya Bhakti Siregar, S.Tr.K. serta perwakilan tiga Kapolsek dan Kanit Reskrim.

Puslitbang Polri yang hadir Kapuslitbang Polri Brigadir Jenderal Pol. Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si., Ketua tim Kombes Pol. Frans Tjahyono dan dua anggota Tim dari Puslitbang Polri.

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data, masukan, dan informasi terkait proses penyelidikan, penyidikan, dan pembuktian dalam kasus-kasus tindak pidana siber,” ujarnya.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang dapat digunakan oleh pimpinan Polri (Kapolri dan Kapolda) untuk meningkatkan efektivitas penegakan hukum terhadap kejahatan siber.

“Metode pengumpulan data meliputi FGD/wawancara dengan pejabat terkait, pengisian kuesioner oleh penyidik siber, serta pengumpulan data sekunder tentang jumlah dan status penyelesaian kasus tindak pidana siber,” sebutnya.

Dengan melakukan penelitian ini, Puslitbang Polri berupaya untuk mempersiapkan kepolisian dalam menghadapi perkembangan kejahatan siber yang semakin kompleks dan canggih.

Kapuslitbang Polri menyampaikan apresiasi atas kerja sama dalam kegiatan ini, berharap hasil penelitian dapat memberikan manfaat signifikan bagi Polri dan masyarakat.

“Dengan komitmen untuk terus berinovasi melalui penelitian strategis, Puslitbang Polri bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas penegakan hukum demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” tutupnya.(HRB)

By: Herpani

Redaksi

Share
Published by
Redaksi

Recent Posts

Sambut Dirgahayu RI Dan HUT MARI Ke-79, PN Jak Pst Gelar Pekan Olah Raga 2024.

JAKARTA Kabar One.com : Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar pekan olahraga dijalan Bungur Raya Jakarta…

2 hours ago

Ketua Makamah Agung Syarifuddin didampingi Suharto Ke Mataram Kegiatan Pembinaan Teknis Administrasi Yudisial

JAKARTA Kabar One.com ; Ketua Makamah Agung Prof Dr H.M.Syarifuddin SH didampingi Wakil Ketua Makamah…

2 hours ago

PT KTM didemo ratusan sopir truk tebu , Evaluasi Keberadaan Perusahaan Pabrik Tersebut

Lamongan,Kabar One.com-Untuk kesekian kalinya para sopir Kecewa tebunya ditolak masuk pabrik, ratusan supir truk mendemo…

5 hours ago

UMK di Kotabaru Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan dari BPOM

KOTABARU,kabarOne.com- Kepala Loka POM Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan…

6 hours ago

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia SH MH Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

JAKARTA KABARONE : Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. melantik dan mengambil…

23 hours ago

Dugaan Pungli Pengurusan Berkas Sertifikat hak milik (SHM) di Sidomukti Terus Bergulir

LAMONGAN,Kabar One.com - Adanya pernyataan dalam proses jual beli tanah dengan modus sebagian tanah tak…

23 hours ago