UMK di Kotabaru Ikuti Pelatihan Keamanan Pangan dari BPOM

Daerah24 views

KOTABARU,kabarOne.com- Kepala Loka POM Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kotabaru di Gedung Ratu Intan Kotabaru, Rabu (17/7/2024).

Para peserta kegiatan terdiri dari UMK Pangan Olahan, khususnya Industri Rumah Tangga Pangan (IRT-P) yang berjumlah 60 (enam puluh) orang peserta binaan PKK Kotabaru, seperti produsen makanan ringan, kerupuk dan pangan olahan kering.

Materi yang disampaikan diantaranya keamanan pangan, standar pemenuhan SPPIRT, penerapan higiene sanitasi, label, dan Bahan Tambahan Pangan (BTP).

Rahmat Hidayat mengatakan, sesuai dengan Peraturan Badan POM Nomor 4 Tahun 2024, IRT-P diwajibkan memiliki penanggungjawab atau pimpinan yang telah memiliki sertifikat PKP sebagai jaminan bahwa produk yang diolah telah menerapkan prinsip Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik IRTP.

“BPOM bersama lintas sektor terkait berkomitmen untuk menjamin pangan olahan yang beredar di masyarakat aman, bermutu dan bergizi,” ujarnya.(HRB)

By; Herpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *